Gema Mitra – Kab. Tasik
Guna meningkatkan iman dan taqwa kepada Allah SWT serta membentuk pribadi Akhlakul Karimah, masyarakat Kampung Pencut Desa Cikadongdong Kecamatan Singaparna menggelar acara memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di Madrasah setempat.

Ratusan warga turut hadir dalam acara tersebut, Para Bapak, Ibu, Pemuda-Pemudi hingga anak-anak antusias mengukuti jalannya acara dari awal hingga akhir, Sabtu malam (24/11/2018).

Dalam acara tersebut, hadir juga Ustaz Bubung Nizar, S.Pd.I pimpinan Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah Rancamacan untuk memberikan tausiyah, dalam tausiyahnya ia mengajak masyarakat mengenal dan meneladani tauladan Nabi Muhammad SAW.

Diungkapkannya, meneladani kehidupan Rasulullah SAW dalam kehidupan sehari-hari dapat mententramkan kehidupan rumah tangga. Selain itu juga dapat mengharmoniskan kehidupan bermasyarakat.

“Penting bagi kita meneladani Rasulullah SAW. Karena bersama teladan yang telah diberikannya, kita dapat menciptakan keharmonisan rumah tangga dan tenteram hidup bermasyarakat,” ungkapnya.

Disamping itu, dengan meneladani akhlak Rasulullah SAW, dapat meningkatkan kalitas keilmuan, meniru akhlak Rasul sebagai rahmatan lilalamin yang bukan hanya untuk umat Islam, tapi untuk seluruh umat yang ada di bumi.

“Maka dari itu, ketentraman batin, kedamaian akan tercipta ketika kita terus beriringan dangan ajarannya”, papar Ustaz Bubung.

Kepala Desa Cikadongdong Sarip Hidayat yang hadir dalam acara tersebut mengaku bangga dan bersyukur serta mengucapkan terima kasih kepada pihak RT/RW, tokoh agama dan warga masyarakat yang antusias menyemarakan acara Maulid Nabi Muhammad SAW.

“Diharapkan kegiatan ini tidak hanya seremonial saja, tapi esensinya bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari”, ungkapnya.

Menurutnya, momentum ini merupakan kesempatan untuk meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT habluminallah yang diimbangi dengan habluminannas yaitu memiliki rasa welas asih silih pikanyaah membangun keharmonisan, meningkatkan nilai gotong royong, kebersamaan dengan sesama, tetangga, sodara.

“Karena jika sudah bersatu, maka pembangunan akan terlaksana dengan baik”, pungkasnya.

Sementara ketua RT setempat Teten mengaku bahwa acara memperingati maulid Nabi Muhammad SAW ini dilaksanakan pada Sabtu malam berdasarkan kesepakatan seluruh masyarakat.

“Alhamdulillah acara berjalan lancar dan kondusif. Warga kompak, mereka sangat antusias dalam memaknai acara ini”, ujarnya. (Tatang RA/Akoh)