Gema Mitra – Bandung
H. Ade Sugianto Wakil Bupati Tasikmalaya, resmi dilantik sebagai Bupati Tasikmalaya, pada Senin (3/12/201) malam.

Ade menggantikan posisi Bupati Tasikmalaya sebelumnya, H. Uu Ruzhanul Ulum yang saat ini menjadi Wakil Gubernur Jawa Barat mendampingi Ridwan Kamil.

Ade dilantik langsung oleh Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil di Gedung Sate dihadapan seluruh anggota DPRD Kabupaten Tasikmalaya dan pejabat di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya yang tampak hadir menyaksikan prosesi pelantikan.

Ade menuturkan pasca dilantik menjadi Bupati Tasikmalaya, PR (Pekerjaan Rumah) yang paling besar adalah penataan birokrasi di lingkungan Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

Penataan birokrasi ini dalam kerangka supaya roda pemerintahan berjalan dengan efektif dan efisien.

“Saya sudah memulai ini sejak Maret kemarin. Pertama yang saya lakukan adalah revisi RPJMD agar lebih fokus. Selanjutnya tinggal penataan birokrasi agar efektif,” ujar Ade.

Dijelaskannya, bentuk penataan birokrasi ini akan dimulai 2019 mendatang diawali dengan assesment yang akan dilakukan di tatanan pejabat Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya.

Proses assesment ini, kata Ade, untuk menempatkan orang mendekati kemampuan dan kemauannya.

“Kalau sempurna mungkin tidak. Tapi paling tidak saya bisa menempatkan orang sesuai dengan kemampuan dan kemauannya,” ujarnya.

Pasalnya, kata Ade, sehebat apapun tujuan dan alat untuk mencapai tujuan jika tidak ditunjang dengan orang-orang yang ahli di bidangnya dan sesuai dengan kemampuannya maka tujuan itu tidak akan tercapai.

Disinggung soal assesment yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Tasikmalaya beberapa waktu lalu, Ade menuturkan assesment tersebut berbeda dengan assesment yang kemarin. Jika assesment kemarin, kata Ade, dilakukan oleh Bupati sebelumnya dalam kerangka kekosongan tiga jabatan.

“Kali ini saya ingin mencoba mendekatkan orang sesuai dengan kemampuan dan kemauannya. Jadi tidak ada eselon 2, eselon 3 secara keseluruhan,” kata Ade. (Red/IM)