Mewujudkan Generasi Emas melalui Gotong Royong Ekosistem Pendidikan

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Gemamitra.com

Benua demografis yang dimiliki oleh bangsa indonesia merupakan salah satu berkah yang tidak dimiliki oleh bangsa manapun.

Bagaimana tidak hampir 3/4 penghuni bangsa indonesia sekarang ini dihuni oleh generasi penerus yang berlatar belakang usia produktif. Oleh sebab itu tahun 2045 tepatnya di usia bangsa indonesia yang 100 tahun di gadang-gadang akan tercipta generasi emas.

Tentu ini kabar yang sangat menggembirakan, jika memang benar ini terwujud. Pertanyaannya, bagaimana cara mewujudkannya?

Butuh kerja sama dan kerja keras dari semua pihak utamanya adalah yang termasuk ke dalam ekosistem pendidikan. Yaitu keluarga, sekolah, dan masyarakat.

Pun halnya kami di sini mencoba bergerak bersama dalam langkah membangun gotong royong bersama ekosistem pendidikan. Yaitu tukar tambah dan adu kawinkan antara Magrib Mengaji dengan TBM Rimba sebagai ikhtiar kecil dalam membangun, mengembangkan, mengelola sekaligus pengabdian kepada generasi penerus yang nantinya sebagai bagian dari anggota masyarakat.

Butuh fokus, konsistensi, kesabaran dan refleksi akan pola asuh dari seluruh komponen ekosistem pendidikan. Selain itu, kesadaran akan menghabiskan waktu yang panjang dalam mengarungi proses pendidikan, sehingga sadar betul dampak yang akan terjadi dikemudian hari akan membuahkan hasil positif.

Budaya yang akan menjadi sebuah peradaban yang santun dan berwana pengetahuan luas serta mampu berkiprah diberbagai situasi dan kondisi menjadi sarat akan keberpihakan ekosistem pendidikan bergerak ke arah yang lebih produktif.

Selain itu, kesiapan menghadapi tantangan di era yang serba canggih dan terbuka. Salah satunya adalah membekali dan membentengi generasi penerus dengan ilmu agama yang kokoh, pola asuh yang diciptakan masyarakat terhindar dari lingkungan yang negatif, serta wawasan luas.

Terkait hal itu, Magrib Mengaji BIP dan TBM Rimba berupaya bergotong royong dan bekerjasama sekaligus mengajak kepada seluruh ekosistem pendidikan untuk bergerak bersama mewujudkan generasi emas dimasa yang akan datang. Khususnya di Perum BIP

Oleh : Ibud

Leave a Reply