Gema Mitra – Kab. Tasik

Rumah Panggung milik pasangan suami istri Nandang (35) dan Erna (21) warga Kampung Ciomas RT 03 RW 01 Desa Sukarasa Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya, Ludes dilalap si jago merah, Jum’at 07/12/2018 siang pukul 11:00 WIB.

Menurut tetangga korban Solihin, bahwa kebakaran diduga berasal dari konsleting arus listrik sehingga api dengan cepat membakar bagian atap rumah korban dan karena tiupan angin yang cukup kencang pada waktu itu, api dengan cepat membakar seluruh bagian rumah milik korban hingga rata dengan tanah.

“Begitu saya melihat ke atap rumah, api sudah membesar. Saya hanya berteriak meminta pertolongan pada warga yang lain”, jelas saksi mata Oop dan Solihin.

Sementara itu Relawan PB dan BPBD setempat langsung berhamburan menuju tempat kejadian perkara. Namun sayang api sudah melahap semuanya.

“Begitu saya datang api sudah membesar, dan saya beserta rekan tak bisa berbuat banyak karena terbatasnya peralatan dan jauhnya dari sumber air, tak membutuhkan waktu lama, bangunan sudah rata dengan tanah”, jelas salah seorang relawan PB dan BPBD Udan Jaenudin kepada Gema Mitra, dilokasi.

Udan menuturkan, pada saat kejadian rumah tersebut sedang dalam keadaan kosong karena istri korban yaitu Erna sedang memeriksakan kesehatan di Puskesmas Salawu, sedangkan sang suami Nandang sedang berada di kebun yang jaraknya tak jauh dari rumah.

Setelah mendapatkan laporan dari perangkat Desa Sukarasa Anggota Polsek Salawu langsung meluncur ke TKP dan kedapatan hanya puing puing sisa pembakaran. Akhirnya anggota Polsek Salawu dan BPBD membantu mengevakuasi korban ketempat saudaranya yang tak jauh dari TKP.

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, hanya kerugian materi ditaksir sebesar Rp. 30.000.000,- (tiga puluh juta rupiah) karena seluruh bangunan rumah beserta isinya habis terbakar. (Akoh)