Gema Mitra – Kota Tasik

Meski terbilang baru menakhodai SDN 5 Sukamenak Kecamatan Purbaratu Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pendidikan Wilayah Timur Dra. Heni, M.Pd langsung membuat strategi guna memajukan sekolah yang dipimpinnya. Program 3P (Penampilan, Pelayanan dan Prestasi) jadi andalan utama dalam rangka memajukan sekolah salah satunya dalam rangka menuju sekolah adiwiyata tingkat kota.

Menurutnya, program 3P yang meliputi Penampilan bertujuan untuk menata sekolah supaya bersih, hijau dan rindang kebetulan ini juga masuk kedalam penilaian adiwiyata, kemudian Pelayanan artinya yaitu memberikan keistimewaan dalam melayani siswa, orang tua juga kepada masyarakat yang harus lebih ditingkatkan, kemudian Prestasi saat ini kami sedang membina anak yang mempunyai bakat dan potensi diberbagai bidang seperti mipa, olahraga, seni, dari sekarang anak-anak itu di ambil mulai dari kelas 3, 4, 5 diseleksi mana yang bagus atau yang punya bakat kemudian dididik atau dibina oleh para guru.

“Kebetulan disini lagi ada penilaian sekolah adiwiyata oleh Dinas Lingkungan Hidup, kami bekerja sama dengan seluruh warga sekolah bahu membahu melakukan penataan, melengkapi tanaman dan memanfaatkan tanah kosong untuk ditanami kembali terlebih kemarin tanaman mengalami kekeringan karena musim kemarau, tapi alhamdulillah sekarang sudah hujan”, ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, perlu diketahui di sekolah ini merupakan rawan banjir. Kami juga sudah mengantisipasinya dengan memperbaiki saluran air, gorong-gorong suapaya air tidak meluap. “Mudah-mudahan dengan penilaian sekarang masuk menjadi sekolah adiwiyata ke tingkat kota”, harapnya.

Selain itu, kami juga berharap pendidikan karakter bisa tertanam kepada anak-anak melalui pembiasaan sholat dhuha, yasinan dilanjutkan dengan kultum yang dilaksanakan setiap hari Jumat, kemudian menanamkan cinta terhadap lingkungan dan setiap hari Sabtu diadakan senam supaya terbentuk jasmani dan rohaninya. “Alhamdulillah dengan kerjasama yang baik dengan 18 guru dan 312 siswa dengan 12 rombel serta orang tua siswa dan semua warga sekolah, SDN 5 Sukamenak diharapkan unggul dalam segala bidang”, pungkasnya.

Sementara Kabid Penanggulangan Pencemaran dan Kerusakan Dinas Lingkungan Hidup Kota Tasikmalaya, H. Didin Syaripudin SE, M.Pd mengatakan, kami memfasilitasi dan menawarkan kepada seluruh sekolah SD, SMP, SMA/Sederajat negeri maupun swasta, madrasah maupun non muslim untuk mengikuti program sekolah adiwiyata. “Ini sifatnya bukan perlombaan tapi keikutsertaan dengan indikator-indikator yang sudah ditetapkan dengan tujuan menciptakan lingkungan sekolah yang bersih dan sehat supaya peserta didik merasa betah ketika berada di sekolah”, ujarnya.

Dijelaskannya, sekolah jangan takut untuk mengikuti sekolah adiwiyata dengan alasan biayanya mahal, lahan sempit atau luas. Sekolah bisa mensiasatinya yang penting amanah, dan bisa study banding ke sekolah lain yang sudah mempunyai predikat mandiri.

“Dalam penilaian kami melibatkan Dinas Pendidikan, Perguruan Tinggi, Kemenag, Masyarakat Pecinta Lingkungan dan Sekolah-Sekolah yang sudah mempunyai predikat mandiri. Sebanyak 16 sekolah se Kota Tasikmalaya telah selesai dikunjungi, semoga hasilnya baik dan lolos tercatat sebagai sekolah adiwiyata”, tuturnya. (Tatatng RA)