Gema Mitra – Kota Banjar
WaliKota Banjar Hj Ade Uu Sukaesih, membuka pelaksanaan kegiatan Pekan Olahraga dan Seni Daerah Perbatasan (Porsenitas) ke-VII tahun 2018, Senin (3/12/2018) bertempat di Sport Center Langensari Kota Banjar Jawa Barat.

Dalam pembukaan tersebut dihadiri juga oleh Ketua DPRD Dadang R Kalyubi, Sekda Kota Banjar Ade Setiana, Kapolres Banjar yang diwakili Waka Polres Kompol Ade Najmuloh, Forkopimda Kota Banjar, para Kepala Daerah dan perwakilan peserta Porsenitas dari 9 Kabupaten/Kota dari Provinsi Jawa Barat dan Jawa Tengah.

Peserta Porsenitas diantaranya Kabupaten Cilacap dan Kabupaten Brebes Provinsi Jawa Tengah, Kabupaten Cirebon, Kota Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten Kuningan, Kabupaten Ciamis, Kabupaten Pangandaran dan Kota Banjar Provinsi Jawa Barat sebagai tuan rumah.

Tujuan dilaksanakannya Porsenitas adalah meningkatkan sinergitas pembangunan di daerah perbatasan Kunci Bersama, dalam rangka percepatan dan pemerataan pembangunan antar daerah terutama wilayah perbatasan, dan juga diharapkan menjadi jembatan yang dapat mengubah potensi konflik antar daerah menjadi sebuah potensi pembangunan yang saling menguntungkan.

Porsenitas di ikuti oleh 9 Kabupaten/Kota dari Provinsi jawa Tengah dan Jawa Barat, yakni Kabupaten Brebes dan kabupaten Cilacap yang berasal dari jawa Tengah, Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Majalengka, Kabupaten kuningan, kabupaten pangandaran, Kabupaten Ciamis, dan Kota Banjar dari Jawa barat.

Masing-masing peserta Porsenitas datang dengan membawa puluhan bahkan ratusan pegawai untuk mengikuti rangkaian kegiatan porsenitas 2018.

Acara dibuka dengan sendra tari dari siswa siswi SMP sekota banjar dan SMKN 1 banjar. sendratari yang ditampilkan bertemakan” Semangat kebersamaan sebagai gambaran sportifitas”.

Meski semua para perserta akan berkompetisi, dan bersaing dalam ajang tersebut, namun sportifitas dan persatuan harus tetap dijaga.

Aang Hamid Suganda selaku Ketua Badan Kerjasama Antar Daerah (BKAD) mengatakan, kunci bersama usai kegiatan mengatakan, Banjar luar biasa, fasilitas-fasilitas olahraga cukup luar biasa mulai dari lapangan tenis sepakbola dan badminton.

“Sangat mencukupi jadi untuk itu cukup untuk melaksanakan porsenitas di tahun ini”, Ungkapnya

Aang menuturkan, kerjasama antar daerah itu sifatnya wajib, untuk itu kiranya tidak ada suatu daerah bisa sukses, tanpa dukungan dari daerah-daerah sekitarnya.

“Maka dari itu dilakukan kerjasama infrastruktur menghubungkan antara daerah satu dengan daerah yang lain”, imbuhnya

Menurutnya, dalam pelaksanaan Porsenitas ini, Tentunya daerah perbatasan Kunci Bersama punya suatu konsep yang bagus kedepan dengan akan dibuatkan masterplan dengan Lapi ITB.

Sementara itu pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas pemuda, Olahraga, dan Pariwisata Nana Suryana berharap, kegiatan ini adalah bentuk silahturahmi bagi pegawai Neger Sipil atau ASN yang berada di 9 Kabupaten/Kota perbatasan Jawa Barat – Jawa tengah.

“Kegiatan ini merupakan refreshing yang berarti dengan bersilahturahmi dan jalin kerjasama”, Jelasnya

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini bukan semata-mata prestasi, yang penting hiburan dalam rangka menghadapi tahun baru 2019.

“Tentunya dengan ditutup di akhir tahun Bulan Desember ini. Bentuk kepenatan ditutup dengan porsenitas sehingga ditahun baru semoga menjadi fresh kembali suasa di tahun baru nanti”, ujarnya.

Namun sayang, ratusan peserta Porsenitas yang akan mengikuti acara hingga 3 hari kedepan, para peserta akan menginap di hotel/penginapan di daerah penyangga kota Banjar seperti majenang Kabupaten Cilacap jawa tengah, kabupaten Ciamis dan Kabupaten Pangandaran. hal itu dilakukan dengan alasan Kota Banjar sejauh ini, sampai tahun 2018 belum memiliki Hotel/Penginapan yang representatif. (Kesit/FP)