Kasat Pol Air Ciamis, Pimpin Pelepasan 3000 BBL

Pangandaran.gemamitra.com | Satuan Polisi Air Polres Ciamis Polda Jabar, ikut serta melepasliarkan benih bening lobster (BBL) ke habitatnya.

Dalam melakukan melepasliarkan BBL tersebut, langsung di pimpin oleh Kasat Pol Air Polres Ciamis AKP Sugianto beserta 4 anggotanya serta diikuti oleh Anggota TNI AL Pos AL Pangandaran, Kepala Bidang Perikanan Tangkap DKPKP Pangandaran, Kepala Bidang Tangkap PSDKP Pangandaran, Wakil Ketua HNSI Pangandaran, Ketua Jaga Lembur Kabupaten Pangandaran dan Pokmaswas Pangandaran.

Read More

Pelepasan BBL tersebut dilakukan di perairan Batu Mandi Pantai Barat Pangandaran, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Kamis 15/04/2021.

Kasat Pol Air Polres Ciamis AKP Sugianto mengatakan, keikutsertaan anggota Sat Pol Air Polres Ciamis sebagai bentuk kepedulian Polri dalam menjaga ekosistem bawah laut agar tidak punah.

Selain itu juga sebagai bentuk sinergitas Polri bersama instansi terkait lainnya seperti TNI, Pemerintah dan warga masyarakat dalam menjaga kamtibmas di wilayah perairan.

Dikatakan AKP Sugianto, bahwa disini kami bersama TNI AL dan Kementerian Kelautan dan Perikananan dalam hal ini Bidang Perikanan Tangkap DKPKP Pangandaran, Bidang Tangkap PSDKP Pangandaran, serta Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia wilayah Kabupaten Pangandaran melepaskan 3.000 BBL ke habitatnya.

“Ini sebagai bentuk kepedulian kami menjaga ekosistem bawah laut. BBL yang kami lepasliarkan hasil dari kegiatan penyelidikan terhadap kegiatan penangkapan dan atau penjualan BBL di wilayah perairan Pantai Muara Gatah Kecamatan Cimerak Kabupaten Pangandaran,” paparnya.

AKP Sugianto menghimbau kepada para nelayan ataupun warga masyarakat, agar patuh dan taat terhadap peraturan yang tidak memperbolehkan menangkap dan atau menjual BBL sebab itu dapat mengganggu ekosistem lobster yang nantinya akan menjadikan kepunahan terhadap lobster.

“Kami minta peran serta warga masyarakat khususnya di Pesisir Pantai Pangandaran untuk bersama-sama menjaga ekosistem bawah laut. Dalam hal ini menjaga BBL agar tidak ditangkap dan atau jual, sehingga generasi kita selanjutnya dapat merasakan kekayaan laut Indonesia, salah satunya lobster,” pungkasnya. (Iyut.K)***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *