Ketua Kwarcab Lantik Jajaran Pengurus Mabiran, Kwarran dan LPK Kota Tasikmalaya

Kota Tasikmalaya – GM | Empat jajaran pengurus Majelis Pembimbing Ranting (Mabiran), Kwartir Ranting (Kwarran) dan Lembaga Pengawas Keuangan (LPK) masa bakti 2024-2027, resmi dilantik pada Rabu (6/3/2024), di RM. Sambel Hejo Kota Tasikmalaya.

Pelantikan dipimpin langsung oleh Ketua Kwarcab Kota Tasikmalaya Drs. H. Muhammad Yusuf, diantaranya, pengurus ranting Kwarran Kawalu, Tamansari, Purbaratu dan Ranting Bungursari.

Yusuf mengatakan, disatukannya pelantikan tersebut merupakan hasil dari musyawarah antara pengurus ranting dan cabang. Yusuf juga merasa bersyukur pada kesempatan itu keempat Camat bisa hadir untuk dilantik sebagai Mabiran.

“Saya berharap dengan dilaksanakannya pelantikan ini para Mabiran bisa membantu Pramuka yang ada di rantingnya masing-masing. Dan juga yang menjadi agenda atau program kerja bisa diselaraskan di setiap kecamatan,” Katanya kepada wartawan.

Yusuf menambahkan, Kwarcab Kota Tasikmalaya sudah mengalokasikan anggaran dana untuk untuk mendukung kegiatan ranting sebesar 10 juta rupiah setiap tahunnya.

“Kalau sebelum saya itu hanya 2 juta, sekarang saya kasih 10 juta. Mudah-mudahan subsidi dana ini bermanfaat untuk kegiatan tingkat ranting,” Imbuhnya.

Masih kata dia, usai dilantik pengurus ranting harus segera berkoordinasi dengan pihak kecamatan.

Hal ini untuk penyesuaian program yang nantinya diharapkan dapat berdampak kepada masyarakat seperti halnya yang disampaikan perwakilan dari Kwarda Jawa Barat dalam menjaga lingkungan hidup.

“Kita akan coba menerapkan arahan dari Kwarda Jabar itu, setiap anggota Pramuka di tiap ranting menenam bibit pohon dengan konsep sederhana untuk menjaga lingkungan,” Katanya.

Selain melaksanakan pelantikan, Kwarcab Kota Tasikmalaya juga menggelar Rapat Kerja Cabang (Rakercab) Tahun 2024. Rakercab ini, kata dia, untuk membahas program satu tahun kedepan.

“Kegiatan ini dalam rangka merancang program kerja Kwarcab untuk tahun depan, do’akan semoga semua berjalan lancar,” Ucap Yusuf.

Sementara, Staf Ahli Bidang Kemasyarakatan Pemerintah Kota Tasikmalaya, Ir. Hj. Ely Suminar, M.P., mengatakan, pihak pemerintah akan mensupport penuh untuk berlangsungnya kegiatan kepramukaan satu tahun ke depan di kota tasik.

“Meskipun anggaran terbatas, namun saya harapkan anggaran itu bisa dimanfaatkan sebaik-baiknya. Sehingga jargon Pramuka Kota Tasikmalaya sigap berkarya, sigap terdepan terdepan bisa terwujud,” Tuturnya.

Lebih lanjut Ely berharap, Pramuka bisa bekerjasama dan berkolaborasi dalam pembangunan yang dilaksanakan oleh Pemerintah Kota Tasikmalaya.

“Diantaranya tadi meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) mulai dari tingkat PAUD sampai Perguruan Tinggi,” Ujarnya.

“Banyak kegiatan Pramuka yang berdampak positif untuk membangun SDM berkualitas sebagai generasi penerus,” Pungkasnya. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *