Gemamitra.com – Kota Tasikmalaya

Bertempat di ruang rapat 1, DPRD Kota Tasikmalaya menggelar rapat kerja dengan Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Tasikmalaya, Kamis 14/05/2020.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes) dr. Uus Supangat mengutarakan bahwa pertemuan yang diadakan bersama Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya tersebut banyak mendapatkan masukkan dan evaluasi bagi Dinkes Kota Tasikmalaya yang tengah intens bergerak memutus mata rantai Covid-19.

Uus mengaku bahwa pihaknya sudah mempersiapkan diri tepatnya di akhir Januari 2020, jauh sebelum adanya Pandemi Covid-19, telah menghimbau atau sosialisai dari mulai menjaga kesehatan, menggunakan masker, mencuci tangan memakai sabun dengan air yang mengalir, physical distancing, dan social distancing dan lain sebagainya.

“Jadi terkait penanganan Covid-19, kami mendapatkan banyak sekali masukkan, koreksi dari Komisi IV ini dan Insya Alloh mudah-mudahan semua koreksi menjadikan kami lebih baik,” ungkap Uus.

Lebih lanjut dikatakan, bahwa rencana ke depan adalah bekerjasama dengan RSUD dr. Soekardjo terkait dengan mempersiapkan tambahan ruang isolasi yang di prediksi jikalau terjadi fase puncak ataupun ada perpanjangan agar Dinkes Kota Tasikmalaya lebih mengantisipasi hal tersebut.

Hal tersebut, kata Uus sudah disampaikan kepada Komisi IV yang memang mendapat dorongan mengenai pengadaan alat bantu diagnostic, diantaranya Gem Expert atau PCR (Polymerase Chain Reaction) untuk mempercepat layanan diagnosa penentuan pasien positif atau negatif.

“Kami sudah komunikasu dengan Direktur RSUD, Pak Wasisto bahwa prosesnya sedang berjalan untuk penambahan ruang isolasi, kami juga mendapat dorongan dari Komisi IV mengenai pengadaan alat bantu diagnostic, apakah itu Gen expert maupun PCR untuk mempercepat layanan diagnostic juga untuk mempercepat penentuan apakah pasien yang terkonfirmasi positif ini sudah negatif atau belum, karena selama ini kami memeriksakan PCR itu masih ke Provinsi,” terang Uus.

Sementara itu Ketua Komisi IV Dede Muharom apresiasi terhadap progres Dinkes Kota Tasikmalaya dalam menangani Pandemi Covid-19 sejauh ini. Langkas antisipasinya sudah cukup bagus.

“Ya kalau progresnya kita lihat, cukup menggembirakan paling tidak dari sisi penyakitnya tadi artinya sekarang dalam posisi flat, yang mudah-mudahan ini tetap, bahkan menurun,” ujarnya.

Dede berharap agar dengan anggaran yang ada bisa memadai, dan pembelanjaannya bersifat prioritas yang artinya mana yang betul-betul dibutuhkan dan diperlukan hal itu harus diawalkan.

Termasuk dengan PCR menurut Ketua Komisi IV alat tersebut memang cukup vital diperlukan untuk menunjukkan Positif dan Negatifnya dan Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya mendorong akan hal tersebut.

“Ya mudah-mudahan dengan anggaran yang ada, bisa memadai, dan tadi juga mudah-mudahan pembelajaannya juga bersifat prioritas, mana yang betul-betul dibutuhkan, diperlukan, itu harus diawalkan sebetulnya. Termasuk tadi yang PCR karena itu memang alat yang cukup vital, untuk menunjukkan positif dan negatifnya. Sehingga dokternya pun bisa confident, dan termasuk nasib pasiennya. Dan kami Komisi IV mendorong pengadaan PCR tersebut.” Harap Dede. (M. Rizky Arbianto)***