Gemamitra.com – Kota Tasikmalaya

Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Tasikmalaya mengumumkan Hasil Seleksi Administrasi Bakal Calon Kepala Sekolah Satuan Pendidikan Sekolah Dasar (SD)  tahun 2020, Jumat 28/02/2020.

Hal itu berdasarkan keputusan Kepala Dinas Perndidikan (Kadisdik) Kota Tasikmalaya Nomor 800/Kep.045-PGTK/II/2020 tanggal 27 Februari 2020.

Nama-nama yang dinyatakan lulus seleksi administrasi, akan mengikuti tahap seleksi substansi bakal Calon Kepala Sekolah yang merupakan Tes Potensi Kepemimpinan (TPK) yang dilaksanakan oleh Lembaga Pemberdayaan dan Pengembangan Kepala Sekolah dan Pengawas Sekolah (LPPKSPS).

“Yang lulus seleksi administrasi ada 50 orang dari 74 orang pendaftar. Mereka akan mengikuti tahap selanjutnya yaitu seleksi substansi, dan kita masih menunggu jadwal dari LPPKSPS untuk pelaksanaannya,” papar Kadisdik Kota Tasikmalaya H. Budiaman Sanusi, saat dihubungi Gemamitra.com, Jumat 28/02/2020.

Budiaman menuturkan, untuk seleksi administrasi, pihaknya melakukan penilaian secara kuantitatif. Berdasarkan pangkat, tingkat pendidikan, usia, kecakapan dan lain sebagainya dengan poin minimal 800. Kurang dari itu, tidak lulus.

Menurutnya, untuk menjadi seorang kepala sekolah memang harus melalui tahapan demi tahapan. Sebab tantangan seorang kepala sekolah ke depan semakin banyak. Karena kepala sekolah merupakan ujung tombak yang tidak hanya sebagai manager kreatif dan inovatif saja, tetapi juga Kuasa Pengguna Anggaran (KPA). Sehingga ilmunya harus banyak dimulai dari mindset yang dilihat dari kepala sekolah.

Kalau nanti seleksi substansi ini lulus, pihaknya masih belum bisa mengangkat kepala sekolah. Sebab mereka masih harus mengikuti diklat (pendidikan dan pelatihan) calon kepala sekolah.

“Kalau mereka lulus baru boleh dilantik dan kalau tidak lulus harus ikut diklat lagi,” pungkas Kadisdik. (Tatang RA)***