Gemamitra.com – Kota Tasikmalaya
Ratusan murid Sekolah Dasar (SD) yang berada di kecamatan Bungursari kota Tasikmalaya mengikuti perlombaan Apresiasi Bahasa Sastra Daerah (ABSD) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N), Rabu 19/02/2020.

Kegiatan ABSD dan FLS2N Sekolah Dasar kali ini, dipusatkan di komplek SDN Bantarsari dan SDN 1 Cibunigeulis dengan mengusung tema “Meningkatkan kreativitas dalam perkembangan karakter serta menjunjung tinggi nilai-nilai luhur budaya bangsa”.

Berbagai lomba digelar dalam kegiatan ini antara lain, ajang FLS2N yaitu menyanyi solo, pidato, pantomin, cerpen, tari kreasi, cerita bergambar, kriya anyaman dan baca puisi.

“Kemudian di ajang ABSD terdiri dari 4 mata lomba yaitu pupuh, dongeng, sajak dan aksara sunda,” papar Cucu Juariah, S.Pd Koordinator Kegiatan.

Cucu menuturkan, kegiatan ini diikuti oleh 272 peserta dari 17 SD yang ada di Kecamatan Bungursari. Adapun untuk juri, kami ambil dari luar yang ahli dalam bidangnya masing-masing.

“Alhamdulillah rangkaian kegiatan berjalan lancar dan kondusif. Semua murid antusias dalam mengikuti berbagai mata lomba. Mereka bersaing untuk menjadi yang terbaik dan mewakili Kecamatan ke tingkat Kota,” ungkapnya.

Cucu yang juga Kepala SDN Manangga 2 Kecamatan Bungursari berharap, akan lahir murid berprestasi hasil seleksi lomba dari kegiatan ABSD dan FLS2N ini yang nantinya akan dipersiapkan untuk mengikuti ke tingkat kota hingga Provinsi bahkan Nasional.

“Harapan saya, akan muncul siswa berprestasi dari tingkat Kecamatan Bungursari ini yang bisa melaju ke tingkat yang lebih tinggi lagi,” harapnya. (Tatang RA)**