Gemamitra.com – Kab. Tasikmalaya

Langkah nyata Desa Cikadongdong Kec. Singaparna Kab. Tasikmalaya dalam memutus mata rantai penyebaran virus corona covid-19, patut di apresiasi.

Inisiatif dari perangkat Desa yang dipimpin oleh Penjabat Sementara (Pjs) Desa Cikadongdong Dian Rostika Maryam, langsung bergerak cepat melakukan penyemprotan disinfektan ke tempat-tempat umum yang ada di wilayahnya.

Wanty Afrianty Ketua Tim Gerak Cepat (TGC) Desa Cikadongdong menjelaskan, upaya yang pihaknya lakukan, selain pemantauan orang-orang yang masuk ke wilayah Desa Cikadongdong dari luar kota atau dari daerah terjangkit, kita juga mengadakan penyemprotan disinfektan ke sarana umum seperti mesjid, madrasah dan juga pesantren.

“Penyemprotan dilaksanakan sejak hari Kamis kemarin. Khusus untuk hari ini Sabtu 28/03/2020, selain penyemprotan kita juga melakukan pendistribusian alat-alat dan tempat cuci tangan ke 42 mesjid dan 8 sarana umum lainnya,” ujar Wanty.

Adapun pendistrihusian tersebut, lanjutnya, berupa botol spray multifungsi, handsoap 250ml, reffil handsoap 250ml, masker, wadah air untuk cuci tangan dan antiseptic handscrub. Dan besok Minggu, akan dilaksanakan penyemprotan ke mesjid-mesjid jami yang ada di pelosok.

“Hal itu dilakukan karena di Desa Cikadongdong sudah ada sekitar 40 orang dengan resiko (ODR) dan 11 orang dalam pengawasan (ODP),” terang Wanty.

Ia berharap, warga bisa kerjasama dengan Tim TGC dengan melaporkan diri jika datang dari daerah terjangkit.

“Jika ada gejala atau keluhan seperti filek, batuk, demam, segera memeriksakan diri ke Puskesmas terdekat serta melakukan isolasi diri dengan tidak keluar rumah selama 14 hari,” papar Wanty, ditemui Gemamitra di kantor Desa, Sabtu 28/03/2020.

Sementara Pjs Desa Cikadongdong Dian Rostika Maryam didampingi Sekretaris Desa (Sekdes) Irpan D Permana, S.Sos mengaku bangga dan bersyukur atas terlaksananya kegiatan ini.

“Alhamdulillah dengan inisiatif dari Ibu Pjs, kami bersama Tim TGC, relawan, Tim Kesehatan dan semua warga masyarakat berupaya meminimalisir penyebaran virus corona covid-19 sebisa mungkin dengan ikhtiar yang kami lakukan,” ungkap Irpan.

Irpan menuturkan, pencegahan ini sengaja kami utamakan sarana umum sebagai tempat berkumpulnya banyak orang. Disamping itu, diharapkan masyarakat tetap tenang dan menjaga pola hidup sehat.

“Semoga dengan upaya yang kami lakukan bisa bermanfaat dan kita sama-sama keluar dari ancaman virus corona covid-19 ini,” pungkasnya. (Tatang RA/Akoh)***