Gema Mitra – Kota Tasikmalaya.
Semangat perlawanan terhadap ancaman covid-19 kian menggelora.

Berbagai cara dilakukan. Tidak hanya pasrah menunggu serangan dimana setiap saat bisa sampai pada siapapun, tanpa memilih.

Mengurung diri di rumah, walaupun tampak masih ada yang berkeliaran, social distanching, melakukan disinfektan terhadap fasilitas umum terus dilakukan guna memotong mata rantai penularan corona yang misterius.

Adalah sekelompok anak muda kampung Tanjung, Kecamatan Kawalu yang tergabung dalam Komunitas Baraya Tanjung (Kombat) di bawah komando “sang jendral” Ajengan Izen turun ke tengah masyarakat melakukan disinfektan.

“Kegiatan sosial ini dilakukan bukan saja memberi ketenangan kepada masyarakat tapi yang lebih penting adalah edukasi agar anak-anak muda memiliki kepekaan sosial. Karena sebaiknya manusia adalah yang diraskan manfaatnya oleh orang lain.” Imbuh Ajengan Izen disela kegiatan, Minggu 29/03/2020.

Kombat sejatinya, merupakan komunitas yang tergabung di group WhatsApp. Kombat merupakan media silaturahmi, media diskusi, serta kajian agama Islam, budaya, pendidikan, juga politik anak-anak muda Kampung Tanjung.

Kombat, dibawah asuhan Ajengan Ijen kerap turun tangan memberikan bantuan terhadap berbagai persoalan-persoalan yang menimpa masyarakat, seperti saat sekarang, kasus pandemi corona yang mencemaskan warga dunia, begitu pula sangat berpengaruh terhadap psikologis warga Tanjung.

Untuk membantu menahan laju penyebaran virus serta memberi rasa aman terhadap masyarakat, Kombatpun segera menyingsingkan lengan baju melakukan disinfektan mesjid, langgar, madrasah, paud, serta rumah para ustad yang memimpin masjid-masjid.

Dengan bermodalkan patungan anggota Kombat yang nota bene merupakan jamaah pengajian serta sholawatan, mereka membeli dan meracik sendiri bahan yang terdiri dari sabun pembersih lantai, sabun pewangi pakaian, serta cairan lainnya.

Dengan menggunakan sprayer pinjaman dari Poktan serta petani, Kombatpun bergerak ke tengah masyarakat.

Kegiatan tersebut dimualai pukul 8.00 sampai pukul 12.00. Rencanaya, besok akan dilanjutkan melakukan penyemprotan rumah warga serta ruang terbuka, semisal gang-gang, tempat nongkrong anak muda serta warung-warung. (Yus)***