Oleh: Budiman

Temu kangen sembari mempererat silaturahmi, alumni Pesantren Nurul Hidayah selalu mengadakan reuni. Reuni yang selalu digelar setiap tanggal 4 syawal, ini telah menginjak jilid 11. Seolah sudah menjadi agenda tahunan oleh setiap alumni di Pesantren Nurul Hidayah sehingga selalu menyempatkan diri untuk hadir dalam melaksanakan silaturahmi alumni.

Pesantren Nurul hidayah yang bertempat di Desa/Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut ini merupakan salah satu Pesantren yang besar di Kecamatan Malangbong. Santri/ah yang hadir dari pelosok negeri ini sengaja berbondong-bondong untuk mencari ilmu. Pesantren Nurul Hidayah selalu istiqomah menyebar keilmuan syariat islam yang terus mencetak, membangun, dan mengemabangkan sumber daya manusia yang ada di Desa/ Kecamatan Malangbong Kabupaten Garut.

Mang Uzer selaku Panitia yang menahkodai acara alumni ini mengemas dengan apik. Rentetan dan pengisi acara diisi oleh semua alumni tujuannya adalah mempererat rasa kekeluargaan untuk selalu berkumpul di jalan allah.

Ust. Ecep sebagai Salah satu keluarga dari rengrengan Pesantren Nurul Hidayah menuturkan harapan kepada seluruh alumni untuk senantiasa ingat jalan ke Pesantren Nurul Hidayah sehingga Senantiasa untuk selalu berkunjung minimal satu bulan sekali ke pesantren.

Maksud ingat dan berkunjung ke Pesantren ini tiada lain untuk selalu memberikan sumbang saran berupa ide, gagasan terhadap pengembangan Pesantren di tengah-tengah kehidupan yang penuh tantangan duniawi.

Sejalan dengan yang dituturkan oleh KH. Agus Nugraha, S.PdI selaku kasepuhan dari Pesantren Nurul Hidayah bahwa sangat mudah menghancurkan atau tetap membuat berdiri pesantren melalui ketidakpedulian/kepedulian dari para alumni.

Sungguh sangat mengerikan adanya jika ketidakpedulian dari para alumni terhadap pesantren tumbuh sedemikian rupa. Namun, bahagia kiranya jika kepedulian dari para alumni, karena kehadiran pesantren sebagai salah satu penyebar syariat islam terus berdiri kokoh alhasil Keberkahan ilmu dan keberkahan hidup di dunia insyaallah tercapai. Semoga