Geliat Pokdakan Palasari Pulihkan Ekonomi

Kota.Tasikmalaya.gemamitra.com | Sejak diresmikannya Kelompok Pembudidaya Ikan (Pokdakan) Palasari, geliat warga masyarakat yang tergabung didalamnya semakin terasa.

Adalah Palasari sebuah bukit yang ada ditengah pemukiman warga Kp. Rancamacan RT 02 RW 01 kelurahan Cipari kecamatan Mangkubumi, diangkat menjadi nama kelompok sebagai bentuk pengabdian dan rasa syukur.

Read More

Bukit Palasari merupakan sumber air satu-satunya yang ada di kampung tersebut.
Untuk meningkatkan sekaligus menjaga kelestarian alam, tentunya sebagai warga mempunyai kewajiban untuk menjaganya sekaligus melestarikannya.

Baru-baru ini kelompok palasari mengadakan silaturahmi sekaligus diskusi tentang perikanan yang dihadiri langsung oleh penyuluh dari Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan kota Tasikmalaya.

Kegiatan yang diikuti oleh seluruh anggota Pokdakan Palsari itu, berlangsung di Sekretariat Pokdakan Palasari Saung Inspirasi, Kamis 28/10/2021.

Hilda Rizkyah Fauzy penyuluh wilayah kecamatan mangkubumi menjelaskan, bahwa dengan adanya jadwal untuk kelompok Pokdakan Palasari, untuk agenda hari ini membahas terkait administrasi kelompok, seperti profil, dan buku administrasi kelompok.

“Untuk SK pengukuhan dan berita acara sudah di tanda tangani oleh pihak-pihak terkait, dan untuk mengisi agenda di pondakan Palasari kali ini untuk melihat setiap kolam anggota karena profil administrasi setiap anggota kelompok harus ada titik koordinatnya,” jelas Hilda.

Lebih lanjut dikatakan, pada pertemuan kali ini juga tidak ada materi yang diberikan cuman lebih ke diskusi sekaligus tanya jawab mengenai cara budidaya ikan patin dan gurame, anggota kelompok juga ingin adanya pembinaan lainnya mengenai perikanan.

“Diharapakan kelompok Palasari lebih maju salah satunya untuk menambahkan pendapatan di setiap anggota kelompok, sekaligus nanti ada pembinaan teknis,” ungkapnya.

Sementara Ade Gilar Irawan selaku ketua kelompok Pokdakan Palasari mengatakan, dengan sudah terbentuk nya kelompok dan juga nomor registrasi diantara semua anggota kelompok disetiap kepengurusan, harus berjalan sesuai rencana mulai dari pembibitan, pakan dan panen ingin tersusun sesuai agenda yang telah dibuat secara rapih.

“Dengan adanya Pokdakan Palasari ini semoga anggota kelompok bertambah, perekonomian bertambah, dan juga terpenuhinya kesejahteraan masyarakat Kampung Rancamacan khususnya lebih baik lagi,” harapnya. (Dede Irawan)***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *