Guru SD di Kota Tasikmalaya Raih Gelar Doktor

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

gemamitra.com | Tasikmalaya
Dunia Pendidikan kembali bergelora, setelah sukses dengan pembuatan modul BDR untuk jenjang Sekolah Dasar (SD) yang diprakarsai oleh Disnas Pendidikan melalui FKKG Kota Tasikmalaya, kini salah seorang guru SD di Kota santri ini sukses meraih gelar Doktor.

Adalah Caswita, S.Pd.I, MA.Pd, Kepala Sekolah SDN Saguling Kec. Kawalu Kota Tasikmalaya, ia dinyatakan lulus meraih Gelar Doktor pada Universitas Islam Nusantara (UNINUS) Bandung, setelah berhasil mempertahankan disertasinya pada Sidang Terbuka Promosi Doktor via Zoom Meeting, Rabu (26/8/2020).

Caswita berhasil meraih gelar Doktor, pada bidang Ilmu Pendidikan konsentrasi Manjamen Pendidikan setalah dapat mempertahankan hasil penelitian disertasi berjudul “Analisis Implementasi Kebijakan Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) PAI SD dalam Mewujudkan Mutu Lulusan Peserta Didik di Sekolah”.

Caswita disidangkan melalui Sidang Online Zoom pada Rabu, 26 Agustus 2020 mulai pukul 08:00 sampai pukul 10.00 WIB. Ditengah pandemi covid-19 ujian terbuka dilaksanakan secara online, namun ujian terbuka tetap berlangsung lancar dan khidmat.

Sidang terbuka promosi doktor tersebut dipimpina langsung oleh Direktur SPS UNINUS Prof. Dr. H. Iim Wasliman,M.Pd, M.Si. Sementara itu team penguji terdiri dari Prof. Dr. Sutaryat Trisnamansyah, MA sebagai ketua promotor, Prof. Dr.H.Sofyan Sauri, M.Pd sebagai co-promotor dan Dr.H.Daeng Arifin, M.Pd sebagai anggota.

Sebagai penguji dalam adalah Prof.Dr.H.Tb Abin Syamsudin Makmun,MA dan yang bertindak sebagai penguji luar yaitu Prof.Dr.H.Soelaiman Soekmalana, CQM guru besar UNPAS Bandung.

Setelah Team Penguji Promosi Doktor Sekolah Pasca Sarjana UNINUS Bandung memperhatian isi disertasi dan mengikuti seluruh proses yang berlangsung dalam ujian terbuka.

“Kami memperoleh kesimpulan bahwa saudara dapat mempertahankannya dengan sangat baik, untuk itu Kami memutuskan untuk memberikan gelar Doktor ilmu Pendidikan dalam bidang Manajemen Pendidikan dengan Indeks Prestasi 3.62, dengan predikat sangat Memuaskan,” kata Prof.Iim selaku pimpinan Sidang.

Hadir dalam sidang online sekitar 47 orang secara virtual. Caswita merupakan guru SD sebagai kepala sekolah dilingkungan Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya. Dia menyelesaiakan S1 di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta dan S2 dari UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Saat ini memimpina beberapa organisasi profesi guru yaitu sebagai ketua PC Pergunu Kota Tasikmalaya, Ketua KKG PAI Kota Tasikmalaya, Ketua Forum Guru Menulis, Ketua AGP (Asosiasi Guru Penulis) Kota Tasikmalaya, dan Sekretaris AGPAII Kota Tasikmalaya.

Caswita mengaku bangga dan bersyukur atas kelulusan yang telah dilaluinya.

“Saya sangat bersyukur dapat menyelesaikan studi saya dengan baik dan sesuai waktu yang dutetapkan. Mudah-mudahan dapat memberikan manfaat dan keberkahan bagi institusi kedinasan saya, bagi organisasi dan dunia pendidikan pada umumnya,” ungkapnya.

Prof. Iim berpesan, bahwa setelah lulus dari Pascasarjana UNINUS, saudara Caswita wajib menjaga nama baik almamater dan berkiprah untuk kemajuan ilmu pengetahuan di masa depan khususnya di tempat bertugas, yaitu sebagai kepala sekolah di dinas pendidikan Kota Tasikmalaya.

“Atas nama civitas akademika Pascasarjana UNINUS Bandung mengucapkan selamat dan izinkan saya sebagai orang pertama yang memanggil anda dengan gelar Doktor. Sekali lagi selamat kepada Dr. Caswita,MA.Pd atas pencapaian gelar doktor (S3) di Pascasarjana UNINUS Bandung bidang Ilmu Pendidikan,” Pungkas Prof.Iim. (Red/Tatang RA)***

Leave a Reply