Haul, Reuni dan Imitihan Pondok Pesantren AL-Mukhtariyah Perkokoh Kebersamaan

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

Gemamitra.com | Kota Tasikmalaya

Bertempat di komplek Pondok Pesantren AL-Mukhtariyah Kampung Rancamacan, Kelurahan Cipari, Kecamatan Mangkubumi Kota Tasikmalaya tengah dilaksanakan haul, reuni dan imtihan.

Acara yang dihelat sejak Sabtu hingga Senin (5-7 September 2020), menampilkan beragam acara. Dimulai dari pentas seni kreasi para santri TKA, TPA, Alumni, marawis para ustaz ustazah, istigosah hingga tabligh akbar oleh Ketua Himpunan Aswaja Centre KH. Yayan Bunyamin.

Hadir pada kesempatan tersebut, Pengasuh Ponpes Al-Mukhtariyah Ustaz Bubung Niezar beserta Keluarga Besar, Wakil Walikota Tasikmalaya H. Muhammad Yusuf, Ketua DPRD Kota Tasikmalaya Aslim SH, Lurah Cipari, Para Aktivis, Ansor, Banser dan segenap masyarakat.

“Acara ini, awalnya akan digelar selama satu hari, namun banyak sekali dukungan dari masyarakat, maka diperpanjang hingga tiga hari dengan mengutamakan protocol kesehatan,” ucap Pengasuh Ponpes Al-Mukhtariyah Ustaz Bubung Niezar, Minggu malam 9/06/2020.    

Sebagai rasa syukur dan bangga Bubung mengungkapkan terima kasih kepada seluruh tamu undangan yang hadir, seraya berharap dengan adanya acara ini bisa menjadi amal kebaikan khususnya warga Rancamacan dan sekitarnya.

Bubung menambahkan bahwa Pondok Pesantren Al-Mukhtariyah didirikan oleh Al-Mukarom KH. Mukhtar pada Tahun 1938 dan sampai hari ini Pesantren tersebut masih tegak berdiri.

“Diusianya yang begitu panjang, berkat dukungan dari semua pihak, Alhamdulillah saya bisa melanjutkan perjuangan amanat dari Ayah dan Ibu H. Enoh Muhtaman dan Hj. Ihah Farihah (Alm) hingga saat ini,” ungkapnya.

Asep Rizal Asy’ari salah satu keluarga besar Pesantren, mengaku bangga dan bersykur, melihat antusias warga masyrakat Rancamacan dalam pelaksanaan Haul, Reuni dan Imitihan Pondok Pesantren AL-Mukhtariyah ini.

Dia menuturkan, Haul yang dilaksanakan setahun sekali ini, merupakan sebuah kemajuan Pesantren yang tidak hanya dimiliki oleh Keluarga Besar Pesantren saja, karena yang lebih penting adalah Pondok Pesantren selalu ada di Alumni, baik masyarakat maupun Pemerintahan untuk memperkokoh barisan kebersamaan membangun untuk masyarakat dan Kota Tasikmalaya.

Untuk itu, lanjut Rizal, kami hari ini mengundang seluruh paratur Pemerintah untuk bersama-sama memperkokoh barisan kebersamaan membangun untuk masyarakat, untuk Tasikmalaya.

Karena menurutnya, momentum ini akan menjadi motivasi kepada para santri dan para alumni juga masyarakat bahwa kita tidak sendirian membangun karakter masyarakat, tetapi ada satu tanggung jawab yang mesti kita sama-sama dorong.

“Mudah-mudahan kegiatan ini terus digalakan sebagai pendorong semangat bagi para pendiri Pesantren, para santri dan semua kalangan, karena kita ingin bahwa kekuatan Pesantren itu harus menyatu dengan masyarakat,”. Harap Asep Rizal. (Sahaya Santayana/Tatang RA)***

Leave a Reply