Gema Mitra – Kota Tasikmalaya

SMPN 10 Tasikmalaya kembali mendapat penghargaan dari Wali Kota Tasikmalaya sebagai juara 1 Lomba Sekolah Sehat (LSS) sekaligus mewakili kota menuju ke tingkat Provinsi Jawa Barat. Tak hanya itu, di tahun yang sama, sekolah yang dikepalai oleh Hj. Affi Endah Nafilah tersebut, menjadi perwakilan Jawa Barat ke tingkat Nasional untuk sekolah adiwiyata setelah sebelumnya berhasil menjadi juara di tingkat Provinsi. 

“Insyaalloh, harusnya sesuai normatif juara LSS ke 1 akan mewakili kota Tasikmalaya ke tingkat Jawa Barat, artinya kita di tahun 2020 akan menghadapi dua event sekaligus yaitu LSS tingkat Jabar dan sekolah adiwiyata tingkat Nasional,” ungkap Affi.

Oleh karena itu, lanjutnya, tentu perlu mempersiapkan diri dari berbagai aspek. Namun yang lebih utama adalah terus berupaya menumbuhkan karakter dan budaya yang  baik di kalangan warga sekolah. Budaya bersih, sehat, jujur, disiplin dan lain sebagainya.

Lebih lanjut dikatakan, piala bukan merupakan tujuan utama, karena menurutnya, hal yang paling mendasar adalah tumbuhnya kebiasaan dan budaya baik dari seluruh warga sekolah untuk turut bertanggung jawab terhadap pemeliharaan dan pelestarian lingkungan.

“Dengan diterimanya penghargaan ini, tentu harus menjadi motivasi bagi semua warga sekolah untuk tetap konsisten dalam memelihara dan mengelola lingkungan dengan sebaik-baiknya,” ujar Affi.

Sebagai Kepala Sekolah yang sudah dua kali meraih penghargaan Reksa Prasada Adiwiyata Tingkat Jabar di sekolah yang berbeda, tentu sebuah prestasi yang membanggakan. Motivasinya untuk menjadikan sekolah inspiratif bagi masyarakat Tasikmalaya perlu dukungan dari berbagai lapisan masyarakat guna menuju pendidikan yang lebih baik.

“Ini merupakan hasil kerjasama yang harmonis dari seluruh warga sekolah, dari mulai Kepala sekolah, Komite, Guru, Orang tua, Siswa dan pihak-pihak intsansi yang mendukung. Tanpa kerjasama dari semua pihak tentu penghargaan tersebut akan sulit didapatkan,” papar Affi.

Prestasi ini tidak akan berhenti sampai di sini, target selanjutnya SMPN 10 Tasikmalaya harus berhasil mendapat penghargaan Sekolah Adiwiyata di tingkat Nasional bahkan Adiwiyata Mandiri serta menjadi juara LSS hingga ke tingkat Nasional. “Insyaalloh kami akan meraihnya,” tegasnya.  (Kesit)***