Gemamitra.com – Kab. Tasikmalaya

Dewan Pengurus Daerah (DPD) Badan Komunikasi Pemuda dan Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kab. Tasikmalaya menggelar peragaan manasik haji yang dipusatkan di Gedung Islamic Center Kab. Tasikmalaya, Minggu 15/03/2020.

Peragaan manasik haji ini merupakan program dua tahuanan yang dilaksanakan DPD BKPRMI Kab. Tasikmalaya bekerjasama dengan Dewan Pengurus Kecamatan (DPK).

“Untuk tahun pelajaran 2019-2020 sebanyak 12 ribu anak santri TKA/TPA dan TAAM yang ada di Kab. Tasikmalaya telah melaksanakan peragaan manasik haji, mulai sejak pertengahan Januari 2020 kemarin,” ungkap Ketua Pelaksana Bachtiar Rifa’I.

Bachtiar menuturkan, dalam pelaksanaan peragaan manasik haji pihaknya membagi menjadi 7 zona wilayah yang dilaksanakan seminggu sekali pada hari libur.

“Dan untuk acara pamungkas ini, diikiluti oleh zona barat I meliputi Kec. Singaparna, Cigalontang, Mangunreja, Sukarame, Tanjungjaya dan zona timur II meliputi Kec. Manonjaya, Cineam, Bojongasih serta Karangjaya dengan jumlah 2900 anak,” terang Bachtiar.

Sementara Ketua Umum BKPRMI Kabupaten Tasikmalaya KH. Apipudin,S.Pd.I, mengaku bangga dan bersyukur dengan terlaksananya rangkaian acara peragaan manasik haji dari awal sampai akhir. Melihat antusiasme anak dalam mengikuti peragaan ini, dia berharap menjadi penangkal virus corona COVID-19 menjadikan masyarakat sehat lahir batin juga ekonominya.  

KH. Apipudin mengaku kegiatan ini terlaksana berkat kerjasama yang baik dengan seluruh pihak. Pembimbingan peragaan manasik ini insyaallah akan berkesinambungan. Karena menurutnya kegiatan ini merupakan salah satu faktor kebutuhan yang harus diterapkan melalui kegiatan belajar mengajar (KBM) khususnya yang ada di BKPRMI Kab. Tasikmalaya.

“Dengan adanya fasilitas miniatur dari pemerintah daerah Kab. Tasikmalaya, menjadikan motivasi bagi masyarakat, semoga ke depan bisa lebih dilengkapi lagi karena tidak hanya digunakan bagi anak tetapi bagi para jemaah haji,” pungkasnya. (Tatang RA/Akoh)***