Kadisdik Jadi Vocalis, Mars Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Siap Diluncurkan

Kota Tasikmalaya – GM | Dalam waktu dekat, Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya bersiap meluncurkan “Mars Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya”, sebagai terobosan baru dalam upaya memperkuat semangat patriotisme dan mengangkat nilai-nilai pendidikan di tengah masyarakat.

Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya, H. Ucu Anwar Surahman, S.Pd, M.Pd, menyampaikan, bahwa pihaknya meluncurkan Mars Pendidikan tersebut agar menginsprasi di berbagai satuan pendidikan supaya memiliki ruang ekspresi dalam berkesenian serta menjadi ciri khas Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya.

Read More

Mars Pendidikan merupakan inisiatif yang bertujuan untuk membangkitkan semangat cinta akan pendidikan serta mempererat ikatan antara masyarakat, siswa, dan pendidik.

“Lagu ini juga diharapkan akan menjadi Mars kebanggaan bagi warga Kota Tasikmalaya menuju pendidikan yang berkualitas,” ungkap Ucu.

Ucu menilai, semenjak kota ini berdiri, belum pernah terpikirkan ada Mars Pendidikan, maka saya inisiasi agar ruang berkesenian ini muncul di berbagai satuan pendidikan. “Saya ingin Dinas Pendidikan ini punya khas. Diawali dengan Mars Pendidikan yang sampai saat ini baru diciptakan,” ujarnya.

Lebih lanjut dikatakan, dalam proses kreatif penciptaan Mars Pendidikan ini, pihaknya menggandeng Musisi Tasikmalaya Kang Atik (Cleopatra Band) dan membutuhkan satu minggu, kemudian langsung rekaman dengan melibatkan 12 orang guru termasuk kepala sekolah.

“Saya ciptakan Mars ini bersama kang Atik (Cleopatra Band) hanya satu minggu. Saya undang beberapa guru seni budaya atau guru yang punya vokal bagus, guru yang pernah jadi juara pasanggiri di hari PGRI serta salah satu kepala sekolah. Saya kumpulkan dan saya bawa ke studio-studionya kang Atik,” terang Ucu.

“Idealnya, mars ini dihapal dan bisa dinyanyikan oleh semua guru dan siswa. Tidak diwajibkan, kalau semua diwajibkan maka ada keterpaksaan. Tapi kalau semua memiliki hak untuk menyanyikan maka menjadi sebuah kesalehan masing-masing,” tuturnya.

Karena, lanjut Ucu, saya ingin menjadikan Dinas Pendidikan ini menjadi Dinas yang tidak melepaskan diri dari kehalusan emosi. Akibat berkesenian yang terus-menerus kita gaungkan. Sebab seni ini adalah dimana manusia bisa halus berlaku, bisa halus tutur bahasa ketika masuk dalam ruang-ruang seni.

“Insyaallah dalam waktu dekat Mars Pendidikan Kota Tasikmalaya akan segera lauching di bulan Mei bertepatan pada Hari Pendidikan Nasional,” pungkas Ucu.

Sementara itu, RSO (Recording Studio Owner) ATaP Production, R. Atik Suwardi K, mengaku bangga dan bersyukur pihaknya diberi kepercayaan untuk membuat Mars Pendidikan Kota Tasikmalaya.

“Saya dikasih kepercayaan untuk bikin Mars-nya, dan ada arahan-arahan dari beliau juga untuk lirik. Terus vokalisnya itu yang lebih keren dari Pak Ucu sendiri dan guru-guru serta kepala sekolah,” ucapnya.

Itu keren, tegas Atik. “Ternyata saya juga waktu kita take vocal, mereka keren bisa ngebagi suaranya dan itu layak untuk di dengar. Tapi yang terpenting, saya juga udah ngobrol sama teman-teman guru yang ikut nyanyi. Bahwa dengan kehadiran pak Ucu ini mereka merasa jadi lebih dekat dengan guru-guru, lebih dekat dengan murid, lebih dekat dengan para pegiat seni juga,” ungkapnya.

Atik menilai, bahwa kehadiran Pak Ucu ini menjadi sosok yang dirindukan oleh teman-teman. Karena selalu support ke acara-acara dari teman-teman musisi dan budayawan.

“Mudah-mudahan ini jadi sesuatu yang baru, sesuatu yang baru di Indonesia khusunya di Tasikmalaya bahwa Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya punya lagu (Mars). Semoga menjadi pemicu dinas-dinas yang lain juga untuk eksis dengan karya nyata,” harapnya. (Red)***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *