Gema Mitra – Kota Tasikmalaya.
Koalisi Pemuda Independen Daerah ( Kopid ) pada hari Kamis tanggal 26 Maret 2020 bersilaturahmi ke Komisi IV DPRD Kota Tasikmalaya guna mendiskusikan berbagai persoalan terkait wabah copid-19 yang kian mencemaskan masyarakat akhi-akhir ini.

Keberadaan Tasikmalaya yang kian masif eskalasi penyebarannya, berbanding lurus dengan penanganan yang dilakukan pemerintah yang sedikit agak terlambat.

Himbauan Wali Kota lewat surat edaran yang dibuat pertanggal..yang didistribusikan lewat kecamatan dan kelurahan, jangankan sampai kepada masyarakat, sampai tanggal 26 Maret 2020 masih banyak RW/RT yang belum menerima surat edaran tersebut. Maka pantas, bila masyarakat terlambat mengetahui sehingga berakibat pada mobilisasi masyarakat yang masih tinggi sampai saat ini.

” Saya ini, ketua RW di kampung saya. Sampai detik ini, saya belum menerima surat edaran wali kota!” Tangkis Dede Muharam, salah satu Anleg dari komisi IV. Yang disampaikan pada saat diskusi berlangsung.

Poin Pokok yang disampaikan lewat Kopid lewat Ketua Presidiumnya, Arif Abdul Rohman lebih menekankan pada ketatnya sensor pemerintah terhadap angkutan umum yang masuk ke Tasikmalaya.

” Saya yakin, masuknya virus ke Tasikmalaya lewat para pemudik dari luar kota yang tingkat penularannya masif. Bahkan sebagian pemudik, sudah ada yang datang dari zone merah. Ini sangat beresiko kalau pemerintah tidak segera bertindak. Saya sudah menyampaikan ke teman-teman yang ada di luar kota untuk bersabar menahan kepulangannya. Ini demi kebaikan bersama.” Papar Arif yang didampingi sekjen Kopid Kota Tasikmalaya, serta Mifttah Aruji dari Kawalu institut.

Sementara Dede Muharam ditemani Anleg dari fraksi Gerindra, Gilman, berjanji akan secepatnya berkoordinasi dengan pihak eksukitif untuk segera mengambil langkah prepentif. Diantara rencana itu, pihak pemerintah bersama DPRD Kota Tasikmalaya akan segera mengundang para pengusaha angkutan serta garmen untuk mencari solusi terkait dengan permasalahan penyebaran virus Corona.

Dari ruang rapat Komisi IV gedung DPRD Kota Tasikmalaya. Gema Mitra menyampaikan. (Yus) ***