Gema Mitra – Kota Tasik

Bertempat area komplek Paud-IT Ihya’ Assunnah Jl. Terusan Paseh BCA no. 11, Tuguraja, Cihideung, Kota Tasikmalaya diadakan pameran dan bazar hasil karya peserta didik sekolah tersebut. Acara yang diselenggarakan dari mulai pukul 08.00-13.00 WIB tersebut bersangsung cukup meriah dengan mengusung tema “Aku Khalifah di Bumi Allah”.

Hadir pada kesempatan tersebut, Pimpinan Yayasan Mahad Ihya’ Assunnah Al-Ustadz Abu Rizal Hafizhafullah, Kepala Paud-IT Ihya’ Assunnah Yulyawati, M.Pd, Kepala Seksi Kursus dan Dikmas Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya Hj. Tika Mulyatika, S.Sos, Pengawas TK Kecamatan Cihideung Hj. Enok Sumarni, S.Pd., M.MPd, Penilik, para kepala sekolah dan guru Paud/TK, orang tua murid, para tamu undangan dan masyarakat lainnya.

Hj. Tika Mulyatika. S.Sos, dalam sambutannya mengungkapkan bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan yang diselenggarakan oleh Paud-IT Ihya’ Assunnah. Ia berharap kegiatan tersebut terus berlanjut dan lebih meriah lagi. “Mudah-mudahan kegiatan ini tidak sampai di sini, terus berlanjut, karena akan memberikan inspirasi bagi sekolah lain untuk dijadikan sekolah percontohan”, ujarnya.

Hal senada dikatakan Pengawas TK Kecamatan Cihideung Hj. Enok Sumarni, S.Pd., M.MPd, bahwa kegiatan ini merupakan ajang tahunan yang sangat menginspirasi. “Saya harap kegiatan seperti ini dapat menjadi percontohan untuk paud/ sekolah-sekolah lainnya baik di Kota Maupun di Kabupaten Tasikmalaya”, ungkapnya.

Sementara Kepala Paud-IT Ihya’ Assunnah Yulyawati, M.Pd, mengungkapkan bahwa acara ini merupakan acara tahunan  dan sekarang sudah masuk ke tahun ke-7. Adapun tujuannya yaitu mengajak orang tua siswa untuk melihat dan menyaksikan apa yang telah dilakukan anak. Meskipun dalam hal ini konsep belajarnya bermain, tapi sesungguhnya mereka itu sedang belajar meskipun kegiatannya berbeda dengan orang dewasa cara belajarnya.

“Kita mengajak orang tua untuk belajar membaca tahapan demi tahapan putra-putrinya, sudah sampai mana selama mereka belajar sesuai dengan ruang belajar atau program-program yang ada di Paud-It Ihya’ Assunah yaitu Sentra Iman dan Taqwa, Sentra Prsiapan, Sentra Balok, Sentra Bahan Alam, Sentra Main Peran, Sentra Olah Tubuh yang dikonsep dengan Belajar sambil bermain”, ungkapnya kepada Gema Mitra saat acara berlangsung, Kamis 24/04/2019.

Apresiasi juga diungkapkan oleh Teni Ratnasari, S.Pd Kepala Paud IT Al-Furqon, Ia menilai bahwa keberhasilan lembaga ini sangat terlihat ketika menyaksikan acara pameran dan bazaar hasil karya siswa tahun ini. Dalam manajemen kurikulum sarana prasarana, tenaga pengajar, yayasan, orang tua dan stakeholder lainnya sanagat bersinergi, sehingga sekolah Paud-IT Ihya’ Assunnah ini bisa dijadikan referensi dan narasumber untuk lembaga yang akan mengembangkan model pembelajaran sentra.

“Tentunya ini sangat berkah dan bermanfaat, menjadi inspirasi dan referensi sekolah terutama dalam pengembangan model pembelajaran sentra. Selamat dan sukses untuk PAUD-IT Ihya’Assunnah”, pungkasnya. (M. Rizky Arbianto/Tatang RA)