Parahita Work Siap Mengudara Pulihkan Ekonomi Masa Pandemi

Ad Blocker Detected

Our website is made possible by displaying online advertisements to our visitors. Please consider supporting us by disabling your ad blocker.

gemamitra.com | Kabupaten Tasikmalaya

Sekelompok anak muda di Kecamatan Sukaratu yang memiliki tekad meningkatkan Perekonomian Daerah lewat pengembangan sumber daya alam, dan sumber daya manusianya untuk pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19, merekapun berembuk membuat satu wadah atau Home Industry yang diberi nama Parahita Work. Senin, 7/09/2020.

Di mana Parahita Work ini memiliki Visi menjadi Pusat Pengembangan sumber daya alam dan sumber daya manusia, baik pengembangan produk lokal ataupun hasil Bumi Daerah dalam upaya peningkatan kapasitas masyarakat,

adapun produk kolaborasi yang dihasilkan Parahita Work yaitu Beras lokal (Pulen rice), T.O (Tutug Oncom), Kopi Senjakala, Safari (Saeutik Fatri) Endog Puyuh, Raksuksan budaya, Jeli Art, Gula Senjakala, dan Traditional Food.

Lewat koordinasi dan pengarahan dari Camat Kecamatan Sukaratu H. Ria Supriana, S. Sos., M.Si mengatakan Parahita Work mulai memunculkan Taringnya, dengan memberanikan diri menggelar produk unggulan milik Parahita Work tersebut berlangsung di halaman kantor Kecamatan Sukaratu, berbarengan dengan Pelaksanaan apel pagi yang dihadiri oleh seluruh Kepala Desa (Kuwu) juga perangkat Desa yang dipimpin langsung oleh Camat Sukaratu H. Ria Supriana.S.Sos.,M.S.i beserta Seluruh Kasi, Kasubag, juga Staf Kantor Kecamatan Sukaratu.

Dalam kesempatan tersebut Camat menghimbau kepada seluruh Kepala Desa, agar mendukung dan menjadikan Parahita Work sebagai Mitra Desa, demi mendongkrak perekonomian di Daerah dan memberikan ruang seluas-luasnya, untuk peningkatan kapasitas lewat pelatihan-pelatihan.

“Saya menghimbau kepada seluruh Kepala Desa agar mendukung dan menjadikan parahita Work sebagai Mitra Desa, untuk mendongkrak perekonomian di Daerah, dan memberikan ruang untuk peningkatan kapasitas, salahsatunya lewat pelatihan-pelatihan yang di laksanakan oleh Parahita Work,”. Terang Ria.

Sementara itu Founder Parahita Work Wildan Agustin mengatakan menghaturkan terima kasih kepada Camat Sukaratu, yang telah memfasilitasi Parahita Work dalam kegiatan “Gelar Produk” Parahita Work kepada seluruh elemen Kepala Desa, karena produk tersebut kolaborasi/ bekerjasama dengan beberapa Desa di Kec. Sukaratu.

“Kita menghaturkan Terima kasih kepada Camat yang telah memfasilitasi kami dalam kegiatan Gelar produk, dalam rangka pengenalan Parahita Work kepada seluruh Kepala Desa, karena produk kolaborasi Parahita Work lahir dari beberapa desa di kecamatan Sukaratu, dan ke depannya kami harap seluruh Desa bisa ikut berkolaborasi sesuai Visi misi kami juga arahan dari Camat Sukaratu,”. Kata Wildan.

Marketing Manager Parahita Work Arif Syarifudin menyebutkan, Parahita sudah waktunya menunjukkan taring yang bertujuan untuk  mendongkrak perekonomian masyarakat, dan menyadarkan bahwa menjadi pengusaha tidak harus dengan bermodal besar, juga dengan bahan yang mahal. Bagi mereka memanfaatkan potensi lokal sudah cukup untuk memajukan perekonomian.

“Kita sudah waktunya untuk menunjukkan taring, namun taring yang kami tunjukkan bukan taring untuk melukai, melainkan taring untuk mendongkrak perekonomian masyarakat dan menyadarkan bahwa menjadi pengusaha, atau enterpreneur tak harus punya modal besar, dan tidak perlu mencari bahan yang susah. Cukup dengan memanfaatkan dan mengembangkan potensi lokal. Tekan Arif.

adapun keinginan dari Chief Executive Officer (CEO) Parahita Work Ruhiyat,  berharap adanya Impact atau dampak  dari kegiatan tersebut, bisa menambah Network atau jaringan luas bagi parahita Work.

“Saya berharap dengan adanya kegiatan ini dapat juga memberi daya kejut untuk menambah silaturahmi, dan menambah jaringan untuk usaha yang sedang kami geluti ini,”. Harap Ruhiyat.

Finance Manager Parahita Work Dede Nursamsi juga berharap, apa yang Parahita Work lakukan saat ini bisa terasa atau dinikmati oleh petani di wilayah Kec. Sukaratu, karena salahsatu produk unggulan yang ditampilkan adalah Pulen Rice (Puri) salah satu beras lokal milik petani di Kecamatannya itu.

“Sayapun berharap apa yang kita lakukan sekarang bisa terasa oleh petani sukaratu karena salahsatu produk unggulan yang di tampilkan adalah Puri (Pulen rice) yaitu beras lokal milik petani,”. Ucap Dede.

Salahsatu Owner Jeli Art Irfan juga memberi tanggapannya terhadap acara tersebut, ia berharap agar ke depannya bisa memularkan kreatifitas-kreatifitasnya kepada pemuda  juga ibu-ibu Pemberdaya Kesejahteraan Keluarga (PKK) tiap tingkatan.

“Mudah-mudahan ke depannya kami bisa menularkan kreatifitas-kreatifitas kami kepada pemuda lain, juga kepada para ibu-ibu PKK tiap tingkatan,”. Tutup Irfan (Sahaya Santayana)***

Leave a Reply