Buku Problematika Pengajaran di SD di Launching dan Dibedah

Kab.Tasikmalaya.gemamitra.com | Satu lagi karya para dosen Institut Agama Islam Latifah Mubarokiyah (IAILM) Pondok Pesantren Suryalaya hari ini (Rabu, 16/03) resmi dilaunching dan dibedah.

Buku yang berjudul Problematika Pengajaran di Sekolah Dasar berjumlah 226 halaman, diterbitkan CV. Insan Paripurna terbit Januari 2022. dieditori Nana Suryana, S.Ag. M.Pd. yang juga ketua Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI) IAILM.

Read More

Lauaching dan bedah buku dihelat di gedung serba guna sukriya bakti diinnisiasi Himpunan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah (HMPS PGMI) IAILM dihadiri mahasiswa PGMI, kepala sekolah/madrasah, dan guru se-kecamatan Pagerageung, Panumbangan, dan Sukaresik Kabupaten Tasikmalaya.

Nampak hadir para penulis, wakil dekan fakultas tabiyah (Oyib Sulaeman), dan rektor IAILM, Dr. H. Asep Salahudin, MA.

Dalam bedah buku, Nana Suryana, selaku editor menyampaikan latar belakang hadirnya buku itu. Menurutnya buku ini hadir ditengah kekhawatiran terhadap rendahnya mutu pendidikan.

“Saat ini kualitas pendidikan di Indonesia masih rendah dibanding negara-negara lain. Salah satu penyebabnya adalah masih ditemukan problem-problem terutama dalam pembelajaran,” ujarnya.

Dari kondisi tersebut, kata Nana, kami (para penulis) mencoba mengambarkan problem tersebut sekaligus solusi alternatifnya.

Tampil sebagai pembahas, Rektor IAILM, Dr. H. Asep Salahudin, MA. Dalam bahasannya. Asep menyampaikan, buku ini memimiliki keunggulan dibanding buku yang lain.

“Buku yang ditulis dosen Fakultas Tarbiyah ini memiliki keunggulan,” ucapnya.

Keunggulan tersebut, kata Asep, diantaranya pertama ditulis para dosen sesuai dengan latar belakang pendidikan dan keahlian. Kedua, para penulis dengan cermat dan sangat hati-hati menggambarkan problem dalam pembelajaran di SD. “Dan ketiga, penulis bukan hanya menyampaikan masalah tetapi memberikan alternatif solusi,” ucap Asep.

Dalam pandangan peserta bedah buku, Asep Tata, S.Pd (Kepala SDN Tanjungkerta 2) dan H. Zaenal Mustofa, S.Ag. (Kepala MIN 4 Tasikmalaya) buku Problematika ini sangat bagus dibaca dan dimiliki bapak/ibu guru SD/MI dan calon guru SD/MI.

Menurutnya, buku ini akan menjadi rujukan para guru dan calon guru dalam melaksanakan pembelajaran yang menarik bagi anak didik. (Arif Ahmad S)***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *