Gema Mitra – Kota Tasik

Untuk memastikan kesiapan jelang pelaksanaan Pemilihan Umum Pileg dan Pilpres yang akan berlangsung besok atau Rabu 17 April 2019, Wali Kota Tasikmalaya, H. Budi Budiman bersama sejumlah pejabat yang ada di lingkungan Pemkot Tasikmalaya meninjau sejumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS), Selasa (16/04/2019).

Dalam kesempatan itu Wali Kota mengatakan dari beberapa sampel TPS yang dikunjungi semuanya sudah siap untuk melaksanakan kegiatan pencoblosan. “Kami juga menyampaikan imbauan kepada KPPS, karena waktu yang terbatas agar dimaksimalkan. Kepada masyarakat juga, kami minta agar dapat mengefektifkan waktu, ketika sudah hadir ke TPS, jangan kemudian nongkrong atau ngerumpi dulu, sebaiknya langsung masuk daftar untuk mencoblos,” katanya.

Lebih lanjut dikatakan Budi, melihat dari sisi sarana dan prasana juga sudah cukup memadai, dari 2.063 TPS yang ada di Kota Tasikmalaya, semuanya dapat berjalan dengan lancar.

“Kita yakin seluruh warga Tasikmalaya, khususnya Kota Tasik sudah sangat dewasa dalam berpolitik, berbagai upaya juga sudah kita lakukan, deklarasi pemilu damai, deklarasi para caleg, dan lainnya, siap menang dan siap kalah. Untuk itu, kami mengajak kepada semua, bersama-sama menjaga kondusivitas pelaksanaan pemilu,” tegasnya.

Berbicara potensi kecurangan, ia meyakini tidak akan mungkin terjadi, mengingat akan ada banyak saksi yang memantau secara langsung, baik itu saksi dari Partai Politik, Pengawas TPS, saksi Capres, Linmas, bahkan masyarakat juga.

“Kita ingin memaksimalkan partisipasi pemilih, sebagai upaya optimalisasi. Bagi remaja yang pada hari pencoblosan pas berusia 17 tahun segera lakukan perekaman KTP-el di Kecamatan, agar dapat menyalurkan hak pilihnya, karena sekarang di kecamatan pun sudah langsung bisa mencetak KTP-el,” ungkap Budi.

Dalam kesempatan itu juga, Budi mengimbau kepada masyarakat, agar mensukseskan pesta demokrasi ini. “Mari kita berbondong-bondong datang ke TPS sejak jam 7 pagi, karena itu merupakan bentuk partisipasi sebagai warga Negara dan yang paling utama, jangan sampai golput,” tandasnya. (Rara Hanacho)