Gema Mitra – Kab. Tasik
Saat ini Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya tengah disibukan dengan persiapan posko mudik, rest area dan posko utama untuk pencatatan arus Kendaraan dari arah barat ataupun sebaliknya di halaman Dishubkab, Rabu (29/05/2019) pagi.

Dikatakan Sekdis Dishubkab Bangbang Suryana bahwa persiapan ini selalu dilakukan di H-7, karena arus mudik atau kepadatan Kendaraan sudah mulai nampak dari dua arah, jadi semua anggota sudah mulai diterjunkan kejalan.

“Kami sudah menyiapkan 13 titik posko pengamanan lebaran di wilayah Kabupaten Tasikmalaya, dan memasang puluhan baligo yang bertuliskan himbauan kepada para pengemudi agar mereka tahu mana jalan yang di anggap rawan bencana dan curam”, paparnya.

Lebih lanjut Bangbang menuturkan, halaman Dishubkab juga akan dijadikan rest area dengan berbagai macam fasilitas, hal ini bertujuan agar para pemudik bisa istirahat dengan nyaman, aman dan tenang.

“Ini kan halaman cukup luas, jadi kami sengaja menjadikan tempat ini tempat peristirahatan 24 jam nonstop bagi para pemudik yang kelelahan, insya allah puluhan Kendaraan bisa masuk di parkiran ini”, ungkapnya.

Walaupun, lanjut Bangbang, sebagian pemudik sudah menggunakan jalur tol Cipali, namun ketika arus mudik dan balik jalur selatan via Garut juga selalu menjadi pilihan. “Maka dari itu pihak Dishubkab sudah mempersiapkan rekayasa jalan di berbagai titik rawan kemacetan dan diperkirakan puncak arus mudik berada di titik H-3”, pungkas Bangbang. (Akoh)***