Gemamitra.com

Sosok Drs. H. Tedi Setiadi, M.Pd. dikalangan dunia pendidikan di Kota Tasikmalaya sudah tidak asing lagi.

Pembawaan dan pribadi yang kalem, enak diajak berbicara dan diskusi, bersahaja serta bijaksana dalam mengayomi rekan-rekan kerja sejatinya sudah menjadi ciri khas yang melekat kepadanya.

Pengabdian profesi sebagai seorang guru pastinya sangat fasih dan khatam betul akan muruah dunia pendidikan yaitu guru. Sudah sepantasnya jenjang karier yang diperoleh sangat cemerlang dan mampu mengantarkannya untuk menduduki beberapa jabatan penting di Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya.

Setidaknya rekam jejak pengabdiannya dalam dunia pendidikan yang penulis ketahui, diantaranya: 23 tahun sebagai Guru SMAN 3 Bogor dan SMAN 2 Kota Tasikmalaya, 15 tahun sebagai Staf Pengajar Jurusan Biologi FKIP Universitas Siliwangi (UNSIL) sekaligus Fasilitator Nasional Direktorat PSMA Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (KEMENDIKBUD), Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya dan Plt. Kepala Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya.

Namun untuk sekarang ini, pengabdian secara langsung terhadap dunia pendidikan tidaklah seperti biasanya, dikarenakan amanah yang baru saja disandangnya sebagai sekretaris Badan Perencanaan Penelitian dan Pembangunan Daerah (BAPPELITBANGDA) Kota Tasikmalaya.

“Menjadi sekretaris BAPPELITBANGDA tentunya menjadi tantangan tersendiri yang harus dinikmati dan syukuri” tuturnya kepada penulis.

Buah fikirnya dalam mengelola tanggung jawab sudah mulai dijalankan dan menjadi fokus utamanya adalah tata kelola pembenahan sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pegawai (SAKIP) yang tidak terfokus pada input dan output saja, tetapi harus diperhatikan juga outcome (target berbagai hasil yang harus dicapai dalam jangka pendek, menengah atau panjang) dan benefit (imbal jasa/dasar kebutuhab untuk memperlancar proses kerja). Apalagi sekarang Raport Kota Tasikmalaya terus mengalami peningkatan dan akan menjadi kota rujukan Se-periangan timur. Tambahnya lagi. (Ibud)