Forum FKKG SD Kota Tasikmalaya Terus Berupaya Tingkatkan Kapasitas dan Kompetensi Guru

Kota Tasikmalaya – GM | Forum Komunikasi Kelompok Kerja Guru (FKKKG) SD Kota Tasikmalaya menggelar Pelatihan Pemanfaatan Website & Coding Sebagai Media Pembelajaran Folklore Untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Guru Sekolah Dasar, bertempat di City Hotel Kota Tasikmalaya, Jum’at – Minggu (03-05/05/2024).

Kegiatan tersebut dibuka resmi oleh Kadisdik (Plt) Kota Tasikmalaya, H. Ucu Anwar Surachman, S.Pd., M.Pd, pada Jum’at pagi (03/05/2024).

Read More

Hadir dalam seremoni pembukaan kegiatan tersebut, Kabid PGTK pada Disdik Kota Tasikmalaya, H. Cecep Susilawan, S.Pd., M.M, para Pengawas bina SD pada Disdik Kota Tasikmakaya, Ketua FKKS SD Kota Tasikmalaya, Nana Hermawan, S.Pd., M.M.Pd beserta para Ketua FKKS SD kecamatan se Kota Tasikmalaya.

Dalam sambutannya, H Ucu mengaku bangga dan apresiasi atas terobosan FKKKG SD Kota Tasikmalaya yang telah melangsungkan kegiatan pelatihan tersebut.

Menurutnya, guru di era kini harus mampu memanfaatkan teknokogi digital dengan tanpa mengesampingkan budaya dan kearifan lokal dalam hal ini Budaya Sunda sebagai identitas kita warga Jawa Barat.

“Kita sebagai Guru di zaman gadget, android bahkan AI jangan pernah lelah untuk terus berliterasi mencari terobosan pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi yang ada, namun tidak dengan mengesampingkan kearifan budaya lokal yakni Sunda,” pesan Ucu Anwar.

“Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para guru bisa mengaplikasikan hasil dari pelatihannya tersebut di satuan pendidikannya masing-masing,” harapnya.

Sementara itu, Ketua FKKKG SD Kota Tasikmalaya, Eneng Ros Siti Saroh, S.Pd., M.Pd, menyampaikan bahwa kegiatan pelatihan ini sebagai upaya FKKKG untuk meningkatkan Keterampilan Literasi bagi Guru SD di Kota Tasikmalaya.

“Sebanyak 150 orang guru SD dari 10 Kecamatan di Kota Tasikmalaya mengikuti kegiatan pelatihan ini, dengan harapan bisa ikut andil guna pemenuhan kebutuhan dasar guru dalam mengupgrade skill dan keterampilan Abad 21 terhadap kebutuhan siswa sesuai dengan zamannya,” ujar Eneng Ros.

Kegiatan pelatihan ini menghadirkan pemateri yang kompeten dibidangnya diantaranya H. Cecep Susilawan, S.Pd., M.M, Dr. H. Dadang Yudhistira, S.H., M.Pd, Asep Supriadi, S.Pd., M.Pd., Dr. Purnomo Saputro, S.Pd., M.Pd, Ipan Zulfikar, S.Pd.I., M.P, dan Kendra Rodiansyah, S.Pd.

“Alhamdulillah pelatihan yang digelar selama tiga hari ini berlangsung lancar, aman dan kondusif. Terima kasih kepada semua pihak yang telah membersamai, kepada pemateri, para peserta dan panitia kami ucapkan terima kasih. Semoga ilmu yang di dapat dalam pelatihan ini bermanfaat untuk mewujudkan pendidikan yang lebih baik,” pungkas Neng Ros. (Pakesit)***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *