Gema Mita – Kota Tasik

Wartawan Gema Mitra mendatangi SMPN 14 Tasikmalaya untuk bertemu H. Nanang S. Pd selaku kepala sekolah yang berhasil meraih peringkat ke-3 pemilihan guru, kepala sekolah, dan pengawas berprestasi dan berdedikasi tingkat kota Tasikmalaya yang di gelar beberapa waktu lalu.

H. Nanang S. Pd merupakan sosok yang sangat rendah hati, pembawaan yang santai ketika ditemui di ruang kerjanya saat diwawancarai ia menuturkan bahwa apa yang didapat dari prestasi ini sebuah takdir dari Allah SWT dan tidak menyangka hasil jerih payahnya membuahkan kabar positif.

Ada banyak gagasan dan ide terutama semenjak menjabat sebagai kepala sekolah di SMPN 14 Tasikmalaya, setelah di SMPN 1 Tasikmalaya, dan SMPN 8 Tasikmalaya. H. Nanang menjelaskan dan menitikberatkan terhadap sarana dan prasarana, juga pembangunan harus dioptimalkan.

Lewat pengalamannya menjadi kepala sekolah di sekolah sebelumnya, menjadikan sebagai motivasi untuk menularkan aktivitas yang pernah dilakukan sebelumnya di sekolah tersebut, dari mulai pembersihan, pembiasaan di hari Ju’mat, sholat dhuha bersama, juga yasinan bersama anak-anak yang sedikit demi sedikit belajar dan bekerjasama dengan tenaga guru agama, walau masih kekurangan, secara pelan-pelan tapi pasti akhirnya membuahkan hasil.

Adapun kegiatan tersebut dimaksudkan untuk membangun ketakwaan, akhlak yang baik, dan kedisiplinan yang diterapkan sejak dini, apalagi Tasikmalaya mempunyai julukan selain Sukapura nga daun ngora juga memiliki julukan sebagai Kota Santri.

Dalam daripada itu hingga kini selama menjabatnya di sekolah tersebut, banyak yang harus dirubah khususnya sarana dan prasarana dalam arti fasilitas yang layak agar nyaman dan aman, ideal seperti sekolah pada umumnya.

Banyak yang harus dikerjakan H. Nanang terutama banyak bangunan-bangunan di sekolah tersebut jauh dari kata layak dan harus direnovasi secepatnya, seperti diutarakannya ruang kelas yang dijadikan ruang guru, ruang UKS yang sempit, ruang komputer, ruang kepala sekolah yang jauh dari kata optimal untuk digunakan dan harus sesuai standar.

Berangkat dari pengalaman-pengalamannya itu, ia melakukan berbagai usaha salahsatunya membuat proposal pengajuan ke instansi-instansi terkait, termasuk Dewan Perwakilan Rakyat Daerah/ DPRD Kota Tasikmalaya untuk mendapatkan suntikan dana.

“Alhamdullilah karena salah satu komite sekolah yang notabene adalah orang dewan, maka bersyukur mereka sangat membantu untuk mendorong pengembangan ruang kelas dan sarana prasarana lainnya”, begitu kata H. Nanang kepala sekolah yang sudah 35 Tahun hingga kini masih mengabdi.

Berangkat dari prestasi yang ia buat, ia menegaskan bahwa “untuk mendapat gelar kepala sekolah berprestasi kuncinya ialah jujur, tanpa kejujuran hidup kita akan celaka. Selalu menerima masukkan/ saran dari siapapun dan tak ketinggalan bertakwa kepada Allah SWT juga belajar dan terus belajar, apalagi ini masuk di era digital, jangan sampai kita ketinggalan zaman dan ia juga menekankan bahwa apa yang didapat belum apa-apa dan belum puas karena kerja belum selesai yang mana masih banyak kekurangan”, pungkas pria kelahiran Cisayong Kab. Tasikmalaya ini kepada Gema Mitra, Senin 15/04/2019. (emrans)