Gema Mitra – Kab. Tasik
Tahun ajaran baru 2019 telah dimulai pada hari ini Senin 14/07/2019. Para orang tua berangkat lebih awal ke sekolah, mereka mengantar dan berusaha agar anaknya bisa mendapatkan bangku paling depan, terutama Sekolah Dasar (SD). Tahun ajaran baru biasanya dipenuhi para siswa/siswi baru, meski kebanyakan dari mereka memilih sekolah terdekat agar dalam antar jemputnya tidak kejauhan.

Namun beda halnya dengan SDN Cikadongdong Kecamatan Singaparna Kabupaten Tasikmalaya, awal tahun ajaran sekarang nampak lengang, hanya tercatat 7 orang pendaftar pada awal PPDB.

Menurut Eti Kurniasih, S.Pd Kepala SDN Cikadongdong bahwa berkurangnya murid baru memang dari tahun ke tahun selalu ada perubahan, tapi perubahannya tidak seperti sekarang ini.

“Sangat signifikan sekali perubahannya. Namun alhamdulilah di tahun ajaran baru kali ini hanya ada 7 orang yang mendaftar. Tidak tahu kenapa, mungkin juga usianya belum mencapai 6,5 tahun, karena usai wajib masuk sekolah adalah 6,5 tahun, bisa juga 6 tahun tapi harus murid yang mempunyai kelebihan dibidang calistung”, jelas Eti Kurniasih.

Lebih lanjut dikatakan, menurutnya berkurangnya murid baru disebabkan oleh tersebarnya pendaftar yang memilih sekolah jauh atau beda zone misalnya daftar di wilayah kota.

“Di awal saya sudah ngomong atau minta bantuan pada kepala Desa, Sekolah sekolah lain seperti Cikunir, Cintaraja, Pasir Bokor (wilayah kota) agar jangan menerima murid baru yang berdomisli di wilayah Desa Cikadongdong, tapi nyatanya mereka tetap saja menerima murid baru”, pungkasnya. (Akoh)