Harmonisasi Nilai-Nilai Kebhinekaan, Polres Tasikmalaya Kota Gelar FGD Ditengah Maraknya Intoleransi

Tasikmalaya.gemamitra.com | Polres Tasikmalaya Kota, Polda Jabar, mengadakan kegiatan kelompok diskusi terarah atau yang dikenal Focus Group Discussion (FGD). Hal itu dilakukan dalam rangka menerapkan harmonisasi dalam merawat kebersamaan dan kebhinekaan dalam bingkai NKRI yang Rahmatan Lil’alamin,

Kegiatan yang diikuti Majlis Ta’lim/Umaha (ibu-ibu pengajian) dari beberapa kecamatan yang tersebar di Kota Tasikmalaya tersebut, dilaksanakan pada 19 Januari 2022 dengan menerapkan protokol kesehatan secara ketat terhadap seluruh peserta yang hadir.

Read More

Sementara kegiatan tersebut, dibuka langsung Wakapolres Tasikmalaya Kota, Kompol Agus Syafrudin,SE,MH dan Kasat Intelkam, AKP Racham Hamdan,SH. Sedangkan, bertindak sebagai narasumber adalah KH Ust Amran HS dan beberapa narasumber lainnya.

Wakapolres Tasikmalaya Kota, Kompol Agus Syafrudin,SE,MH menyampaikan, bahwa kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa serta menumbuhkan rasa sayang dan saling menghargai sesama umat beragama serta rasa cinta Tanah Air.

Wakapolres menjelaskan, bahwa harmonisasi merawat kebersamaan dan kebhinekaan dalam bingkai NKRI yang Rahmatan Lil’alamin perlu ditanamkan dan diterapkan dalam masyarakat, terlebih wilayah Kota Tasikmalaya merupakan wilayah yang plural dan majemuk.

“Dalam suatu masyarakat majemuk, maka perbedaan merupakan sebuah keniscayaan yang harus disikapi dan diterima dengan lapang dada oleh semua masyarakat. Namun demikian hendaknya perbedaan yang ada dapat dijadikan sebagai bahan untuk harmonisasi kehidupan masyarakat,” ungkapnya.

Ia pun berharap agar para peserta FGD mampu mengimplementasikan kesepakatan dari hasil dari FGD tersebut, sehingga harmonisasi merawat kebersamaan dan kebhinekaan dalam bingkai NKRI yang Rahmatan Lil’alamin di wilayah Kota Tasikmalaya, dapat terjaga dan situasi Kamtibmas di wilayah hukum tetap kondusif.

“Kita berharap acara yang juga sekaligus diisi dengan doa bersama ini dapat menciptakan situasi Kota Tasikmalaya yang aman dan kondusif ditengah maraknya intoleransi,” harapnya. (*)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *