Kembangkan Pengetahuan, Mahasiswa Unimal Lakukan Penelitian PJJ Dimasa Pandemi

Lhokseumawe.gemamitra.com| Indonesia dan dunia saat ini tengah menghadapi ancaman virus Covid-19 yang digadang pertama kali muncul di Wuhan China. Yang akhirnya ditetap menjadi pandemi oleh organisasi kesehatan dunia WHO.

Di tengah pandemi Covid-19 ini guru dan murid dipaksa untuk melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) atau biasa disebut dengan daring. Berbagai tantangan dihadapi untuk melaksanakan PJJ oleh guru. Guru dituntut untuk sekreatif mungkin walaupun sulit dan penuh tantangan.

Read More

Karena hal tersebut 6 mahasiswa Universitas Malikussaleh (Unimal) Semester 1 jurusan Ilmu Politik yaitu Muhammad Ilal Sinaga, Aji Pratama Lubis, Alsyah Nugraha Kamid, Najla Raidatul aisy, Putri Syarfati dan Dalila Karimah Siregar melakukan penelitian yang dibimbing oleh dosen Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd.

Penelitian yang berjudul “strategi pembelajaran online guru bahasa Indonesia dalam meningkatkan efektivitas belajar siswa di kelas VII SMP Negeri Kota Lhokseumawe”. Diantara beberapa SMP yang dilakukan penelitian adalah SMP negeri 1 Lhokseumawe, SMP negeri 2 Lhokseumawe, SMP negeri Arun, SMP negeri 8 Lhokseumawe dan beberapa SMP lainnya.

Putri Syarfati salah satu mahasiswa menyebutkan bahwa penelitian ini dapat menjadi acuan bagi dia dan temannya dalam melakukan penelitian di semester tinggi nantinya. “Ini sangat bermanfaat bagi kami terutama nanti ketika di semester tinggi”, terangnya.

Sementara menurut dosen pembimbing Juni Ahyar, S.Pd., M.Pd menjelaskan bahwa ini sebagai pembelajaran awal agar mahasiswa dapat dengan cepat memahami arti penelitian terutama yang jurusan Ilmu Politik.

“Ini sebuah pembelajaran bagi mereka agar besok sudah siap menghadapi penelitian dan sudah memahaminya apalagi kita mengambil tema pembelajaran di tengah pandemi”, Jelasnya.

Tak hanya itu Ia juga menambahkan bahwa “penelitian seperti ini harus sering diikuti oleh mahasiswa terutama yang baru agar tidak terkejut ketika melaksanakan penelitian kedepan dan bermanfaat bagi mereka”, tambahnya. (MIS)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *