Gema Mitra – Kota Tasik
Dalam rangka menggencarkan program sosialisasi pendidikan pemilih untuk kaum perempuan, Komisi Pemilihan Umun (KPU) Kota Tasikmalaya menggelar pendidikan pemilih untuk perempuan, bertempat di RM Baraya Sunda Jl. BKR Kota Tasikmalaya Jum’at (8/2/2019).

Ketua KPU kota Tasikmalaya Ade Zaenul Muttaqin bersama anggota KPU Undang Ganda Permana dari Divisi Teknis Penyelenggara dan Yeti Nurhayati Divisi Sosialisasi dan Pendidikan Pemilih memberikan pemahaman pemilu kepada sekitar 50 orang perwakilan kaum perempuan di Kota Tasikmalaya.

“Kegiatan ini merupakan sosialiasi dan pendidikan tentang pemilu khusus basis kaum perempuan. Tentang tata cara pencoblosan dan informasi-informasi pemilu lainnya”, ungkap Ade kepada Wartawan.

Ade menuturkan, kita mengundang sebanyak 50 basis perempuan terdiri dari Bhayangkari, komunitas Aisyiyah, Fataya, perwakilan perguruan tinggi dan komunitas perempuan lainnya di Kota Tasikmalaya.

Lebih lanjut dikatakan, meskipun tingkat partisipan pemilih perempuan di kota Tasikmalaya tinggi, terlihat dari partisipan pada pilgub tahun lalu, pendidikan pemilu bagi kaum perempuan dianggap penting oleh KPU.

“Diharapkan nantinya hasil dari sosialisasi dan pendidikan ini dapat tersampaikan kepada komunitasnya masing-masing”, terangnya.

Disinggung peran relasi (relawan demokrasi) Ade menjelaskan kegiatan ini berbeda dengan tugas relasi. “Kalau Relasi itu lebih menyentuh masyarakat yang lebih kecil, misal kaum perempuan di tingkat kecamatan atau kelurahan. Nah kegiatan ini kita memfokuskan kepada tokoh-tokohnya saja yang nantinya bisa disampaikan kepada anggotanya masing masing.”

Yeti Nurhayati menambahkan, sengaja kami memilih perempuan karena jumlah hak pilihnya lebih banyak. “Nanti diharapkan mereka bisa menyampaikannya kepada rekannnya yang lain supaya mensukseskan pesta demokrasi ini”, ungkapnya.

Selain itu untuk menggebyarkan pesta demokrasi ini, lanjut Yeti, kami juga akan mengadakan lomba foto selfie di TPS dan kreasi seni yang dimeriahkan oleh konser musik.

Sementara Ketua Kopri PC PMII Kota Tasikmalaya Helmatilah mengatakan, dengan adanya acara ini sangat membantu sekali bagi kaum perempuan yang seringkali termarginalkan dalam hal apapun. “Kaum perempuan akan memberikan andil besar untuk suksesnya Pemilu 2019 ini”, ungkapnya.

Menurutnya, sudah saatnya kaum perempuan menjadi pionir dalam menyalurkan aspirasinya. “Untuk itu kami akan melakukan sosialisasi kepada seluruh anggota dalam kajian-kajian yang sering dilaksanakan”, pungkasnya. (Kesit)