Gema Mitra – Kota Tasik
Lomba Tingkat II (LT II) yang diselenggarakan pada hari Jumat 14 hingga 16 Desember 2018, merupakan perlombaan dalam bentuk perkemahan yang dipusatkan di Lapang Kelurahan Mugarsari Kecamatan Tamansari.

Ketua Kwarran Kak Maman Suryaman,S.Pd menyatakan bahwa kegiatan tersebut diikuti oleh 480 peserta, 60 pembina dan 40 panitia tingkat SD, SMP sederajat se-Kecamatan Tamansari.

Adapun tujuannya selain sebagai ajang silaturahmi, kegiatan ini juga ajang kompetisi prestasi dalam rangka membentuk Pramuka menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa, memiliki ahklak yang mulia, mempunyai jiwa yang patriotik, taat akan hukum, serta disiplin.

“Diharapkan ajang ini juga peserta didik menjadi pribadi yang menjujung tinggi nilai keluhuran bangsa Indonesia, serta memiliki dan menguasai kecakapan hidup”, ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, adapun materi LT II diarahkan pada sasaran kemampuan dan kualitas teknis kepramukaan sebagai jati diri seorang Pramuka khususnya penggalang yang meliputi Sikap Mental, Spiritual dan Intelektual, juga Penampilan, Disiplin, Kepemimpinan dan Kerjasama.

“Semoga dengan diadakannya kegiatan ini, Pembentukan Karakter, Kesamaptaan Jasmani, Keterampilan dan Ketangkasan bisa tertanam pada peserta didik”, harapnya.

Kak Darya, S.Pd selaku waka Bina Muda atas nama Ketua Kwarcab Kota Tasikmalaya dalam sambutannya sekaligus membuka acara secara resmi berharap agar anggota pramuka menjadi teladan dan kompetitif sehingga mampu bersaing di era global dalam segala bidang.

Sementara Kak Asep Rahman, S.Pd selaku Ketua Pelaksana memaparkan rangkaian mata lomba yang harus peserta ikuti untuk mendapatkan point kejuaraan seperti lomba Kaligrafi, Tahfidz Al-Quran Juz 30, berbagai lomba Keterampilan Pramuka dari mulai membuat pionering sampai lomba menu makanan sehat.

“Lomba Ketangkasan halang rintang hingga pentas seni. Hasil-hasil lomba ini akan diakumulasikan sehingga nanti muncul juara umum satu sampai tiga di akhir acara. Adapun kejuaraan satuan terpisah antara putra dan putri, Tandasnya”, pungkasnya. (Nunun/Kesit)