Gema Mitra – Kab. Tasik

Masa liburan telah tiba, moment paska hari raya Idul Fitri 1440 Hijriyah dimanfaatkan oleh semua orang untuk berkunjung ke beberapa tempat wisata. Mereka bersuka ria bersama keluarga dan orang terkasih bercengkrama gembira.

Semua ini seperti yang terlihat di salah satu objek wisata yang ada di Kabupaten Tasikmalaya yaitu Kampung Naga, hampir setiap hari di serbu para pengunjung lokal maupun mancanegara yang hanya ingin “botram” ditengah suasana alam yang sejuk dengan ke khasan nilai tradisi yang ada di Kampung Naga.

Salah seorang pengunjung dari Bogor Dedi (45) mangaku baru perama kali datang ke Kampung Naga, dia dan keluarga merasa bangga dengan adat istiadat yang masih kukuh pada kehidupan mereka dengan bentuk rumah yang sangat tradisional.

“Saya acungkan jempol pada Kampung Naga karena dari dulu sampai sekarang masih mempertahankan adat istiadatnya, tidak terbawa oleh kehidupan modern jaman now ini, padahal awalnya saya hanya melihat dan tahu cerita dari buku, tapi pas melihat kenyataannya memang bener masih seperti yang dulu”, ungkapnya sambil tersenyum.

Di samping itu salah seorang warga setempat dan sekaligus guide lokal di Kampung Naga Heri mengatakan, di musim liburan kali ini memang pengunjung ada tapi tak seramai liburan yang sebelumnya. “Biasanya pengunjung hampir tak tertampung di parkiran ini, tapi untuk kali ini tak terlalu banyak, tapi segini juga sudah alhamdulilah”, katanya. (Akoh)***