Gema Mitra – Kab. Tasik
Ratusan pelanggar lalulintas terjaring Kepolisian Polres Kabupaten Tasikmalaya saat gelar Operasi Patuh Lodaya di jalan raya Mangunreja tepat di depan Mapolres Kamis 29/08/2019 siang tadi.

Kebanyakan pelanggar yang terjaring dari roda dua adalah yang tidak bisa menunjukan kelengkapan surat surat Kendaraannya seperti SIM dan STNK juga pelindung keselamatan seperti helm. Untuk kendaraan roda empat masih banyak juga yang lalai dengan tidak memakai sabuk pengaman dan yang lainnya.

Tak hanya itu, ternyata masih banyak pemotor yang kedapatan membawa penumpang lebih dari dua orang, dan itu dilakukannya dengan alasan anaknya tidak mau berpisah sama orang tuanya.

“Saya sudah suruh naik angkot tapi mereka pada nggak mau karena takut muntah, ya terpaksa harus berdesakan seperti ini,” jelas Memed salah seorang pengendara yang terjaring razia.

Petugas hanya menegur korban dengan alasan kemanusiaan dan keselamatan. Namun, petugas tetap meminta penumpang untuk turun dan pindah menggunakan angkutan umum.

“Kita suruh turun, itu bahaya. Kita juga kasih ongkos suruh naik angkutan umum agar lebih aman dan selamat,” ungkap Kompol Rikky Ariestiawan, Wakapolres Tasikmalaya dilokasi.

Operasi Patuh Lodaya ini terus akan dilakukan selama beberapa hari ke depan untuk menyasar pelanggar lalulintas demi meminimalisir angka kecelakaan lalulintas. (N’coz)