Gemamitra – Kab. Tasikmalaya

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tasikmalaya Dr. H. Mohamad Zen menghadiri Teleconference Gerakan Bersama Menuju Eliminasi TBC 2030, bertempat di Pondok Pesantren Miftahul Huda Manonjaya, Rabu (29/01/2020).

Turut hadir Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk dr. Heru Suharto, MM.Kes, Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian penyakit pada Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk Atang Sumardi, S.Kep, Kepada Bidang Diseminasi Informasi dan Statistik Drs. Mamat Selamat Subagja, Pimpinan Ponpes Miftahul Huda Manonjaya KH. Asep Maoshul Affandy dan jajaran serta tamu undangan lainnya.

Teleconference dilaksanakan bersamaan dengan pencanangan Gerakan Bersama menuju Eliminasi TBC tahun 2030 yang dilaksanakan oleh Presiden Ir. H. Joko Widodo dan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. Kegiatan teleconference dipandu Kementerian Kesehatan, Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, dan Ketua Dewan Pembina Stop TB Partnership Indonesia Arifin Panigoro.

Pesantren Miftahul Huda salah satu pesantren yang telah memiliki Pos Kesehatan Pesantren (POSKESTREN) dibina langsung oleh Puskesmas Manonjaya, dengan dukungan dari Kementerian Kesehatan pada saat ini sedang dilaksanakan screening TBC pada semua penghuni pondok pesantren sebanyak 3.400 orang.

Teleconference digelar untuk menjaring aspirasi dan kondisi riil penanganan kasus TBC di lapangan. Ponpes Miftahul Huda Tasikmalaya, menyatakan keseriusan dalam penanganan kasus TBC di pesantren. (Red)***