Gema Mitra – Kab. Tasik
Bertempat di Lapang Jayaraga, Leuwisari, Minggu (04/08/19), Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya melalui Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Tenaga Kerja menyelenggarakan acara puncak Peringatan Hari Koperasi Ke-72 Tingkat Kab. Tasikmalaya tahun 2019.

“Luar biasa semangat para kader Koperasi di Kab. Tasikmalaya. Saya haturkan terima kasih dan apresiasi kepada semua pihak yang terlibat dan bergotong-royong atas terselenggaranya kegiatan ini,” kata Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP dalam sambutannya mengatakan di hadapan ribuan masyarakat yang hadir.

Bupati mengajak seluruh pihak untuk bersama-sama memajukan sektor Koperasi di Kab. Tasikmalaya.
“Mari kita bangun jati diri kita melalui Koperasi. Yang harus kita ingat, salah satu pendiri koperasi adalah pituin asli Tasikmalaya. Hari ini dan kedepan, tulang punggung ekonomi yang sebenarnya adalah koperasi. Kalau Kab. Tasikmalaya ingin maju, mari majukan koperasi. Saya berharap koperasi di Kab. Tasikmalaya semoga dapat menjadi contoh bagi Koperasi lain di Indonesia,” tambahnya.

Pemerintah berharap koperasi dapat beradaptasi dalam menyongsong era industri 4.0 dan dapat merangkul serta berkolaborasi dengan generasi millenial.

“Tema Hari Koperasi tahun ini adalah reformasi total Koperasi di era industri 4.0. Koperasi di Indonesia harus memiliki persiapan dan bekal sumberdaya yang handal. Koperasi harus melakukan reformasi total terhadap sistem yang telah dijalankan, mendorong untuk beradaptasi dan bertransformasi dalam menghadapi lingkungan yang senantiasa dinamis. Diharapkan gerakan koperasi dapat merangkul generasi millenial yang jumlahnya sepertiga penduduk Indonesia,” tegas Ade masih dalam sambutannya.

Tema acara puncak Peringatan Hari Koperasi ke-72 tingkat Kab. Tasikmalaya tahun 2019 ini yaitu “Sukapura Ngadaun Ngora Koperasi Manjing Dijaya Dirgahayu Koperasi Indonesia”.

Ketua Panitia Penyelenggara Yogi Cahyawan, SE., MM mengatakan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini sebagai momentum agar semua pihak bersama-sama mendukung koperasi untuk terus maju dan berkembang sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat.
“Saat ini terdapat 159 koperasi aktif yang tersebar di 351 desa di 39 kecamatan se-Kab. Tasikmalaya,” terang Yogi.

“Koperasi jangan kalah oleh pelaku ekonomi-ekonomi yang lain. Pembinaan melalui pendidikan yang ditujukan kepada anggota-anggota secara langsung perlu di galakkan. Rasa persatuan dan rasa kegotong royongan dalam bingkai koperasi,” tegas Ketua Dewan Koperasi Indonesia (Dekopinda) Kab. Tasikmalaya H. Hasan, S.Pd.

Dalam kegiatan gerak jalan santai Peringatan Hari Koperasi tingkat Kab. Tasikmalaya penerima hadiah satu ekor kambing adalah Amud dari kampung Rawa Bolodog Desa Linggawangi. Sedangkan penerima hadiah utama berupa satu ekor sapi adalah Uci Sanusi dari Koperasi Pensiunan Kecamatan Bantarkalong.

“Selamat Hari Koperasi ke-72, semoga koperasi semakin maju dan jaya. Dirgahayu Koperasi Indonesia,” ucap Bupati mewakili Pemda Kab. Tasikmalaya menutup sambutannya. (elhida)