Gema Mitra – Kota Tasikmalaya

“Kasih ibu sepanjang masa” kata-kata itu pantas disematkan kepada seluruh ibu di dunia, karena terbukti sudah kasih ibu memang tidak bisa dibandingkan dengan berapa tahun bumi ini sudah di pijak oleh manusia, cinta seorang ibu kepada anaknya akan selalu ada dalam hatinya baik mulai dari hidup sesampainya kelak ibu kita tiada.

Peran wanita di era milenial memang sangat dibutuhkan dalam membangun kualitas keluarga agar tidak terpengaruh dengan budaya-budaya negatif yang dapat merusak tatanan kehidupan.

”Saya pesan kepada semua ibu, tetap pegang filosofi kedekatan ibu dan anak,” ungkap Ketua GOW Kota Tasikmalaya, Iyan Rohmulyana Sudrajat diacara puncak peringatan Hari Ibu ke-91 dan Hari Dewi Sartika Ke-135 di Gedung Pertemuan Bale Endah, Jalan Ir. H. Juanda No7, Kelurahan Sukamulya, Kecamatan Bungursari, Senin (23/12/2019).

Ia menuturkan, bahwa organisasi GOW akan terus berkomitmen dalam meningkatkan kualitas SDM perempuan agar semakin kuat dan berdaya saing sesuai dengan tema Perempuan Berdaya Indonesia Maju.

”Ada enam hal yang kita prioritaskan dalam membangun kualitas perempuan. Yaitu, meningkatkan ketaqwaan kepada Allah SWT, meningkatkan kecerdasan emosional, intelektual dan spritual, meningkatkan keterampilan, meningkatkan kesejahteraan keluarga dan masyarakat dan meningkatkan kepedulian sosial serta meningkatkan kemitraan dengan seluruh organisasi kewanitaan,” terang Iyan.

Tita Sunita Ningrum Wakil Ketua Dua yang juga menjabat sebagai Bendahara Satu GOW, menuturkan bahwa dalam rangka menyambut Hari Ibu ke-91 dan Hari Dewi Sartika Ke-135, sejak bulan November GOW mengadakan serangkaian kegiatan diantaranya kegiatan sosial pengobatan gratis, bakti sosial ke panti asuhan, ziarah ke taman pahlawan, jalan santai yang diikuti oleh seluruh pengurus, lomba public speaking, lomba makanan beras dan yang terakhir diisi oleh pentas seni oleh anggota GOW, penyerahan hadiah. 

“Alhamdulillah berkat kerjasama dengan seluruh pengurus, panitia Hari Ibu ke-91 dan Hari Dewi Sartika Ke-135, rangkaian kegiatan dari awal sampai akhir berjalan dengan lancar dan kondusif,” papar Tita.

Sementara Wali Kota Tasikmalaya Budi Budiman yang turut hadir dalam kesempatan tersebut menuturkan, bahwa perempuan merupakan SDM yang unggul dan berkualitas dalam membantu pencapaian program pembangunan nasional.

”Program-program yang dilakukan oleh organisasi kewanitaan harus selaras dan sejalan dengan program yang dicanangkan pemerintah pusat dan daerah. Dengan begitu, tujuan pembangunan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dapat terwujud,” kata Budi.

GOW merupakan induk dan gabungan dari sejumlah organisasi kewanitaan yang ada di Kota Tasikmalaya yang bisa memupuk SDM perempuan yang berkualitas, kreatif dan inovatif dengan tidak meninggalkan nilai-nilai agama dan budaya.

”Gerakan organisasi wanita dengan semua programnya diharapkan terus bersinergi dengan pemerintah dalam mewujudkan program Gubernur Jawa Barat juara lahir batin,” harap Budi.

Lebih lanjut Wali Kota katakan, gerakan wanita dari berbagai stakeholdernya mulai dari gerakan sosial, ekonomi, budaya, pertanian, pengusaha, guru dan usaha UMKM harus terus berkembang tanpa meninggalkan kodratinya sebagai ibu bagi anak-anak mereka. ”Saya titip kepada para ibu, jaga ketahanan keluarga, karena kuatnya sebuah keluarga mendorong penguatan bangsa,” pungkasnya. (Tatang RA)***