Gemamitra – Kab. Tasikmalaya

Bupati Tasikmalaya Ade Sugianto melantik dan mengambil sumpah para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya. Sebanyak 6 Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama dilantik dan diambil sumpahnya di Pendopo Baru Kabupaten Tasikmalaya, Jumat (27/12/2019).

Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik yaitu, Dr. H. Mohamad Zen sebagai Sekretaris Daerah, Drs. Asep Darisman, MM sebagai Kepala Dinas Perhubungan, Drs. Rudi Sonjaya Saehuri, M.Pd sebagai Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika, Iwan Ridwan, S.IP sebagai Kepala Satuan Polisi Pamong Praja, dr. H. Heru Suharto, MM.Kes sebagai Kepala Dinas Kesehatan dan Pengendalian Penduduk, dan H. Agus Bahtiar, SE sebagai Staf Ahli Bupati Tasikmalaya Bidang Pemerintahan dan Hukum pada Sekretariat Daerah.

Menurut Bupati Ade Sugianto jabatan yang dijabat oleh para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama yang dilantik hari ini dilakukan melalui serangkaian proses yang murni dan transparan. “Tidak ada lobi dan suap menyuap. Semuanya transparan sesuai prosedur yang ditetapkan,” tegas Bupati dalam sambutannya.

Ade menyebut rotasi, mutasi dan promosi ini merupakan hal yang biasa, sesuai kebutuhan organisasi. Pelantikan untuk jabatan tinggi pratama ini sudah sesuai aturan dan mekanisme serta ketentuan yang berlaku.

Hadir pada kesempatan tersebut Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Drs. Iin Aminudin, M.Si., SKPD di lingkungan Pemda Kab. Tasikmalaya, unsur Forkopimda, Diskominfo Kab. Tasikmalaya, dan tamu undangan lainnya.

“Perlu diperhatikan, ASN harus senantiasa menjaga dan mempertahankan integritas dan kesetiaan kita terhadap NKRI. Juga kita tidak bisa meninggalkan disiplin, loyalitas terhadap tugas dan tanggung jawab,” tegas Ade.

Para pejabat Pemkab Tasikmalaya diminta Bupati untuk cepat tanggap terhadap masalah yang ada di masyarakat. Sebagai aparatur sipil negara tentunya harus melayani masyarakat dengan baik. Pejabat harus memiliki wawasan jauh kedepan, berpikir kreatif dan inovatif untuk kepentingan organisasi.

“Selamat kepada para Pejabat Pimpinan Tinggi Pratama baru yang dilantik, laksanakan tugas dengan baik jalankan tugas dan fungsi, lanjutkan program yang sudah berjalan dan juga perbaiki apa harus dibenahi,” ujar Bupati Ade usai acara pelantikan.

Ia juga mengatakan, para pejabat yang baru dilantik tersebut dapat segera merumuskan program kerja yang sudah direncanakan oleh pemerintah Kabupaten Tasikmalaya melalui program-program unggulan, dan mempersiapkan anggaran 2020. Sementara itu dalam wawancara terpisah usai pelantikan, Bupati mengatakan untuk beberapa posisi lainnya masih dalam proses karena tidak bisa tergesa-gesa, hal tersebut guna mendapatkan Pejabat melalui mekanisme yang transparan dan akuntabel

Dalam kesempatan yang sama usai pelantikan, Sekretaris Daerah Kab. Tasikmalaya Mohamad Zen menyampaikan, pihaknya akan memastikan bahwa semua sudah betul-betul bisa dilaksanakan dengan baik. Karena tanpa sebuah pemahaman yang utuh, chemistry-nya susah bertemu.

“Saya selaku Sekda akan berusaha bagaimana kita bisa untuk bekerja sama dan sama-sama bekerja. Saya akan turun ke lapangan, saya akan memastikan dari semua aspek dan sistem berjalan dengan baik,” tegas Zen. (Tatang RA)***