Jumat, Juni 25, 2021
Beranda Pertanian 9 Pengurus HKTI Kota Tasikmalaya Periode 2021-2026 Resmi Dilantik

9 Pengurus HKTI Kota Tasikmalaya Periode 2021-2026 Resmi Dilantik

KotaTasik.gemamitra.com | Bertempat di Aula Serbaguna DPRD Kota Tasikmalaya, telah dilangsungkan pelantikan kepengurusan Dewan Pimpinan Cabang Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Kota Tasikmalaya periode 2021-2026, Minggu 30/05/2021.

Sebanyak sembilan orang pengurus resmi dilantik oleh ketua HKTI Provinsi Jawa Barat Drs. H. Nu’man Abdul Hakim, diantaranya : Ketua Andi Lala, Wakil Ketua I Enang Suhendar, Wakil Ketua II Momon, Wakil Ketua III Sani Firmansyah, Sekretaris Nasarudin Latif Wakil Sekretaris I Sopyan Saori, Wakil Sekretaris II Hendra, Bendahara Gilang Rajab dan Wakil Bendahara Irwan Supriadi.

Ketua HKTI Provinsi Jawa Barat mengatakan pentingnya memperjuangkan hak untuk mendapatkan modal dan pasarnya hingga masyarakat bisa tertarik untuk menjadi petani.

Dia juga berpesan kepada para pengurus HKTI Kota Tasikmalaya untuk bisa meningkatkan Martabat dan Kesejahteraan para Petani.

“Petani sejak sebelum merdeka hingga sekarang martabatnya kurang bagus, oleh karena itu peran HKTI disini harus bisa meningkatkan martabat dan kesejahteraan para petani khusnya yang ada di Kota Tasikmalaya,” ungkap Nu’man kepada Wartawan seusai acara.

Ketua DPC HKTI Kota Tasikmalaya terpilih Andi Lala mengatakan, bahwa persaudaraan HKTI yang didirikan pada tanggal 27 April 1973 di Jakarta merupakan organisasi sosial berskala nasional yang dikembangkan berdasarkan kesamaan aktifitas yaitu profesi dan fungsi dalam bidang agrikultur dan pembangunan wilayah yang berpotensi bisa dijadikan lahan produksi pertanian yang produktif sehingga memiliki karakter proposional.

“Kami dari HKTI kota Tasikmalaya memiliki tugas, peran dan fungsi untuk meningkatkan pendapatan, kesejahteraan, harkat dan martabat insan tani. Semua komoditas usaha tani dan percepatan pembangunan pertanian serta dapat menjadikan sektor pertanian sebagai basis pembangunan nasional dalam rangka mewujudkan tujuan nasional sebagai mana yang termaktub dalam UUD 1945,” ungkapnya.

HKTI ini juga sebagai alat penggerak perjuangan insan tani di indonesia khususnya sebagai sarana penampung dan penyalur aspirasi amanat penderitaan rakyat tani Tasikmalaya (buruh tani).

“Maka dari itu HKTI Kota Tasikmalaya memiliki VISI Mewujukan kedaulatan pangan dan kesejahtera petani yang bebasis inovasi dan teknologi,” terang Andi Lala.

Kemudian, lanjutnya, Visi tersebut dituangkan dalam MISI yang pertama Mencari solusi di tengah keterbatsan dan menciptakan kondisi hidup yang layak bagi para pelaku pertanian beserta keluarganya, yang kedua membangun karakter proposional dan persaudaran antara sesama pelaku pertanian serta yang ketiga mendorong pengenbangan inovasi dan teknologi melalui pengembangan ekonomi kreatif dan ketahan pangan.

“Kita adalah organ yang memiliki kesamaan propesi akan terus melakukan aktivitas bertani dan apapun resikonya karena kami sebagai petani yang sudah berdaulat,” ungkapnya.

Walaupun, kata Andi, pemerintah tidak respon dan mempasilitasi maka kami akan tetap konsisten dalam bertani demi mewujudkan tujuan nasional dalam upaya menguatkan kapasitas ekonomi kerakyatan yang berdaulat.

“Jadi kesimpulanya HKTI kota Tasikmalaya ingin mewujudkan petani di kota Tasikmalaya yang kreatif, inovatif, edukatif dan produktif, sehingga tujuan nasional akan terlaksana dengan program penguatan ekonomi kerakyatan dan ketahanan pangan, sesuai dengan jargonnya HKTI Bangkit Petani Sejahtera,” pungkasnya.

Sementara Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan Kota Tasikmalaya H Tedi Setiadi menyampaikan selamat dan sukses kepada pengurus cabang HKTI yang baru dilantik.

“Semoga dengan adanya kepengurusan yang baru bisa memberikan tenaga bagi kami sekaligus mendorong dalam rangka mensejahterakan para petani. Semoga apa yang kita langkahkan mendapatkan ridho dari Alloh SWT. (Tatang RA)

gemamitrahttps://gemamitra.com
Portal media online gemamitra.com merupakan kepanjangan dari Majalah Gema Mitra yang ada di bawah naungan PT Gema Mitra Abatasa. Sarana informasi yang mengupas pemberitaan secara lugas, tegas dan berimbang serta menjunjung tinggi hati nurani.
RELATED ARTICLES

Geliat Wanita Tani Masyarakat Cikalong Pangandaran

Pangandaran.gemamitra.com | Kelompok wanita tani (KWT) mawar putih dusun Citembong desa Cikalong kecamatan Sidamulih kabupaten Pangandaran sejak berdiri tahun 2008, terus menunjukan eksistensinya hingga...

Kekayaan Alam Desa Selasari Pangandaran Perlu Dikembangkan

Pangandaran.gemamitra.com | Desa Selasari Kecamatan Parigi Kabupaten Pangandaran memiliki luas wilayah 3.277 Ha, Garis Keliling 38.342 M2, luas area pesawahan 265 Ha, Total Kolam...

Bupati Jeje Bangga Ada Alumni IPB di Pangandaran

Pangandaran.gemamitra.com | Bupati pangandaran H. Jeje Wiradinata menghadiri acara musyawarah cabang (muscab) ke II DPC. Himpunan Mahasiswa (HA) IPB Kabupaten Pangandaran, bertempat di area...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Situ Gede, Kisah Cinta Segitiga

Masyarakat, pemerintah kota juga provinsinya Oleh: Orockkappas (OK) “Kesehatan situ gede semakin memburuk luka prabudilaya semakin akut sedangkan Kota Tasikmalaya krisis obat juga perawat sehingga...

Dinas PUTRPRKD Pangandaran Kebakaran, Tiga Unit Pemadam Diturunkan

Pangandaran.gemamitra.com | Sebuah bangunan yang digunakan sebagai Kantor Pekerjaan Umum, Tata Ruang, Perumahan Rakyat, Dan Kawasan Pemukiman (PUTRPRKP) mengalami kebakaran pada Minggu sore (29/6/2021),...

Geliat Wanita Tani Masyarakat Cikalong Pangandaran

Pangandaran.gemamitra.com | Kelompok wanita tani (KWT) mawar putih dusun Citembong desa Cikalong kecamatan Sidamulih kabupaten Pangandaran sejak berdiri tahun 2008, terus menunjukan eksistensinya hingga...

Situ Gede Oh Situ Gede Riwayatmu Kini

Oleh: Tatang Pahat Ada dahulu ada sekarang. Bila tak ada dahulu tak akan ada sekarang. Karena ada masa silam maka ada masa kini. Bila tak...