Gema Mitra – Kab. Tasik
Setelah dilaksanakannya Upacara Peringatan HUT RI ke-74 Forum Pemuda Talun yang berasal dari Kp. Talun Desa tanjungjaya Kec. Tanjungjaya melakukan aksi damai di Depan Kantor Kec. Tanjungjaya. Berikut adalah kutipan orasinya:
74 tahun setelah proklamasi kemerdekaan dibacakan. pemuda kampung talun, desa tanjungjaya kecamatan tanjungjaya bergerak memperingatkan pemerintah setempat bahwa kemerdekaan Indonesia terkhusus di desa tanjungjaya kecamatan tanjungjaya masihlah belum tercapai. Apakah rakyat sungguh merdeka ketika mereka selalu dihantui kemiskinan dan tidak punya kendali atas nasib mereka? Setiap kali rakyat mendiskusikan hidup di desa dan kemerdekaan Indonesia, kita selalu mendengar ekspresi kekecewaan. Setelah puluhan tahun merdeka dari cengkeraman penjajahan Belanda, rakyat di desa tanjungjaya masih merasa bahwa mereka belumlah merdeka.
Selama penindasan, kemiskinan, dan segala kesulitan dalam kehidupan rakyat belum diselesaikan, selama itu pula kita akan saksikan bahwa pemerintah desa belum bisa hadir di tengah kegelisahan rakyatnya dilihat dari banyak nya pemuda yg menganggur, kriminalitas dan anak-anak yg tak bisa melanjutkan pendidikannya.

Seperti yg sudah kita ketahui bahwa selama proses berjalannya kemerdekaan indonesia melahirkan pondasi yg kuat, empat konsensus dasar kita Pancasila, Undang-undang Dasar 45, Bhinneka Tunggal Ika dan NKRI, . Karena itu, pastikan tidak ada yg ngotak-ngatik 4 pondasi konsensus dasar kita.
Lahirnya Undang-Undang Dasar 1945 sebagai wu­jud pelak­sanaan dari kebangkitan dan kemerdekaan itu sendiri. Roh dari kebangkitan nasional itu sendiri terje­wantahkan dalam Alinea-4 UUD 1945 yang dike­nal dengan tujuan Indonesia merdeka yaitu melindungi segenap bangsa Indoensia dan seluruh tumpah darah In­donesia, memajukan kesejah­teraan umum, mencer­daskan kehidupan bangsa, dan ikut melaksanakan ketertiban dunia.
Keempat tujuan ini harus diwu­judkan dalam upaya mencapai Indonesia yang adil dan makmur. Kita patut mengevaluasi diri sudah sejauh mana keempat tujuan negara ini diwujudkan?
Untuk melihat sejauh mana kebangkitan nasional itu dirasakan oleh masyarakat, bangsa dan negara, maka perlu dilakukan perenungan atau refleksi atas perwujudan dari kebangkitan tersebut terutama di desa tanjungjaya, kecamatan tanjungjaya.

Dengan mengepalkan tangan kiri ke udara mari kita jemput kemerdekaan yang sejati!
Para pengunjuk rasa yang jumlahnya belasan orang tersebut disambut baik oleh Kapolsek dan Camat Kec. Tanjungjaya.
“Terimakasih kepada teman-teman semua yang berasal dari Kp. Talun. Kapan-kapan kita silaturahmi, berbicara dan ngobrol secara intens untuk membicarakan masalah yang kalian orasikan. Terimakasih atas apresiasinya kepada Pemuda Talun,” terang Ate Ruhiyatna, Kapolsek Tanjungjaya.

Camat Tanjungjaya pun menyambut kedatangan Forum Pemuda Talun tersebut dengan sangat baik.
“Terimakasih kawan-kawan yang sudah melakukan aksi damai di sini. Masukan ini akan kami sampaikan kepada yang mempunyai yang lebih berwenang, karena kami di kecamatan hakikatnya hanya melaksanakan kebijakan dari Kabupaten. Terimakasih atas segala aspirasinya, mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi Kecamatan Tanjungjaya Ardiana Nugraha sebagai Korlap Aksi, Dodi sebagai Koordinator umum dan Cecep juga Sena sebagai Dinlap serentak mengucapkan terimakasih kepada Camat dan Kapolsek yang sudah menyambut baik aksi damai mereka. (elhida)