Gema Mitra – Kab. Tasik
Bertempat di Ampera Waterpark Kab. Tasikmalaya, Minggu (15/09/2019),
Penjabat Sekda Kabupaten Tasikmalaya Drs. Iin Aminudin, M.Si mewakili Bupati Tasikmalaya membuka acara Gelar Produk dan Temu Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Juara Kab. Tasikmalaya Tahun 2019.

Program UMKM Juara tersebut dilaksanakan dengan tujuan untuk mendorong para pelaku UMKM agar dapat tumbuh dan berkembang dari Mikro ke Kecil, dari Kecil ke Menengah melalui pendampingan juga meningkatkan kinerja dan manajemen Usaha menuju Jabar Juara Lahir Batin.

Acara tersebut dihadiri pula oleh Kabid Usaha Kecil pada Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Provinsi Jawa Barat Dr. Tatang Suryana, S.dos., M.Ap , Asisten Bidang Ekonomi dan Pembangunan pada Sekretariat Daerah Kab. Tasikmalaya, Perwakilan Diskominfo Kab. Tasikmalaya, Kepala OPD di Lingkungan Kab. Tasikmalaya, Para Camat dan para pelaku usaha yang ada di seluruh Kab. Tasikmalaya.

Dalam sambutan tertulis yang dibacakan Iin, Bupati berharap produk unggulan di Kab. Tasikmalaya agar terus dipacu pertumbuhan dan kualitasnya.

“Produk unggulan yang ada di daerah hendaknya terus dipacu pertumbuhan dan kualitasnya sehingga menjadi trade mark daerah yang tidak hanya memiliki keunggulan komparatif tetapi juga kemampuan kompetitif yang tentunya dapat menjadi ujung tombak untuk menunjang perekonomian daerah nantinya,” terangnya.

Bupati yakin dengan adanya sinergi antara pendampingan dan pembukaan akses pasar, perizinan, pembiayaan dan jaringan dari pemerintah serta kerja keras dan inovasi dari pelaku usaha UMKM di Kab. Tasikmalaya nantinya bisa juara dan berkembang dari saat ini.

Dalam sambutannya Tatang menjelaskan pendampingan akan berlangsung selama 6 bulan dengan jumlah pendamping di Kab. Tasikmaya 10 orang yang akan memberikan materi mindset dan Bisnis, pemasaran dan juga manajemen bisnis.

“Untuk dapat menjalankan program UMKM Juara diperlukan sinergi dari berbagai pihak ditingkat provinsi maupun Kabupaten/Kota yaitu pentahelix (ABCGM) yaitu Academics (akademisi), Business (Bisnis), Community (Komunitas), Government (Pemerintah) dan Media (Media),” ungkapnya.

Acara diakhiri dengan tinjauan langsung terhadap stand peserta gelar produk unggulan oleh PJ Sekda. (Diskominfo/kesit)***