Gema Mitra – Kota Tasik

Rizky Febian dipastikan akan hadir menyemarakan puncak Anniversary SMAN 1 Tasikmalaya ke-63 yang di gelar sejak tanggal 14-17 September 2019. Pelantun lagu “Kesempurnaan Cinta” yang sempat hits dari tahun ke tahun, menjadi unggulan dalam voting bintang tamu yang hadir tahun ini, mengalahkan artis ternama lainnya.

Berdasarkan aspirasi dari para siswa dan alumni, pada puncak acara nanti Rizky Febian yang akrab di sapa Iky anak komedian Sule, akan hadir sebagai bintang tamu sekaligus menuntup rangkaian acara Anniversary SMAN 1 Tasikmalaya ke-63. “Acara ini khusus untuk keluarga besar SMAN 1 Tasikmalaya, para siswa dan para alumni saja. Kita tidak membuka untuk umum karena pasti akan membludak yang datang maka kami batasi,” ungkap Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Bidang Kesiswaan Drs. H. Nunung Noerdjaman, Sabtu 14/09/2019.

Nunung menjelaskan, kami bekerja sama dengan seluruh Wakasek terutama para guru. Untuk pelaksananya dikerjakan oleh Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS). Kami hanya membantu di belakang jalannya seluruh kegiatan. Adapun tema yang di usung yaitu SWASTAMITA yang memiliki arti Matahari Yang Terbenam (Senja). “Jadi maksudnya adalah pergantian dari yang baik menjadi yang lebih baik. Mudah-mudahan ke depan SMAN 1 Tasikmalaya lebih berpretasi lagi, baik dalam bidang Akademik maupun Non-akademik,” papar Nunung.

Muhram Suhermawan, S.Si, Ketua Pelaksana Kegiatan menuturkan, tidak jauh beda dari tahun sebelumnya, untuk hari pertama diadakan Satas Fair yang diisi dengan berbagai perlombaan Exstra Science Math Competition (ESCAPE), Satas E-sport Competition Mobile Legend & PUBG (SEC), Gerentes Painting Competition (GPC), Satas Islamic Competition Kaligrafi MSQ (SIC), dan Story Telling yang diikuti oleh Siswa SMP dan SMA Sepriangan Timur. “Selain itu juga ada Satas Vagansa yang diisi oleh Satas Got Talent diikuti oleh Siswa-Siswi SMAN 1 Tasikmalaya, penampilan drama oleh Sanggar Seni Gerentes (SSG). Hari Senin tanggal 16/09/2019 kami juga mengundang motivator Andi Gumilar”, tuturnya.

Lebih lanjut dikatakan, di Satas Vaganza ini kewirausahaannya berperan, dimana anak-anak membuka Bazar modalnya dari dana kewirausahaan. Untuk Bazar kita hanya memberikan konsep yang berbeda untuk setiap kelas. “Tahun ini kita menggunakan konsep kebudayaan contohnya konsep Papua, Sunda, Jawa, jadi setiap Provinsi ada. Konsep ini lebih kepada penyajian dan dekorasi makanannya saja,” terang Muhram.

Ina Reina Susanti, S.Pd., M.MPd, Wakasek Pembantu Kesiswaan Bagian Administrasi yang juga Pembina Osis Sekbid 4 mengungkapkan, harapan dari kegiatan ini ingin menumbuhkan kepada anak rasa memiliki almamater sekolah. Sehingga dengan diadakannya Satas Anniversary ini kita bisa memberitakan ke dunia luar dengan prestasi-prestasinya dengan karya- karyanya dan sebagainya, baik dibidang Akademik maupun Non-akademiknya, kreasi seni dan tampilan-tampilan anak juga diperlihatkan.

Kemudian yang terpenting diharapkan tali silaturahmi kita juga dengan para alumni semakin erat, semakin dekat karena keberadaan SMAN 1 Tasikmalaya juga banyak dibantu kiprahnya oleh para alumni. Contohnya ada bantuan laptop, tali kasih, sarana prasarana dan lain sebagainya. “Setiap tahun tertentu pasti kami ada gebyar yang melibatkan seluruh alumni, ada acara alumninya khusus contohnya waktu 60 kita gebyar sekali, mungkin nanti kita gebyar lagi 65 di angka-angka yang bagus 65, 70 dan seterusnya,” pungkas Ina.

Sementara Ketua Osis SMAN 1 Tasikmalaya Enrico Andra Hidayat menungkapkan, ini merupakan sarana pembelajaran bagi kami. Dimana tahun ini dipercaya untuk mensukseskan acara Anniversary SMAN 1 Tasikmalaya ke-63. “Selain untuk menambah rasa kecintaan terhadap sekolah, acara ini juga sebagai pembelajaran bagi para organisator bagaimana caranya untuk mengatur sebuah acara, dan juga supaya siswa-siswi Satas dapat mengaplikasikan kewirausahaan sebagaimana ketentuan pemerintah yang merujuk SMAN 1 Tasikmalaya menjadi sekolah kewirausahaan melalui Bazar,” ujarnya. (Tatang RA)***