Gema Mitra – Kab. Tasik
Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP saat menunaikan Ibadah Salat Iduladha 1440 H. di Masjid Baiturrahman Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Minggu (11/08/2019).
“Ibadah Kurban adalah bentuk ketaatan umat islam yang diberikan rizki lebih oleh Alloh SWT.” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut turut hadir Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Tasikmalaya Drs. H. Iin Aminudin, M.Si., Forum Koordinasi Pimpinan Daerah Kabupaten Tasikmalaya, para Kepala SKPD di Lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya, serta jemaah salat Iduladha.

Hari Raya Iduladha merupakan hari yang bersejarah bagi umat islam, karena Nabi Ibrahim, Siti Hajar dan Ismail telah meletakan dasar-dasar keteladanan yang fundamental yang sampai saat ini dapat dilaksanakan, yaitu Ibadah Haji dan Penyembelihan Hewan Kurban.

”Iduladha adalah bentuk syukur kita kepada Alloh SWT, bukan sekedar dijadikan bukti ketaatan kita sebagai umat islam, namun sebagai bentuk ibadah sosial dan rasa peduli kita untuk saling berbagi kepada orang-orang disekitar kita,” terang Bupati.

Iduladha semestinya dijadikan momen berbagi kepada orang lain, juga menjadi momen pembuktian ketaatan seorang anak kepada orangtua yang patut dicontoh oleh anak-anak di Kabupaten Tasikmalaya khususnya dan umat islam pada umumnya.

”Pada Iduladha ini kita mengingat betapa ikhlasnya, ridhonya Ismail yang akan disembelih oleh orang tuanya yaitu Ibrahim, itu membuktikan betapa taatnya anak kepada orang tuanya. Hal tersebut yang seharunya kita contoh yaitu ketaatanya,” tambahnya.

“Dengan mengingat momen tersebut, kita tekankan bagaimana membangun anak-anak yang taat, turut pada orangtua, yang bertanggung jawab, karena anak adalah bagian dari harapan sebuah negara dan bangsa,” pungkas Ade.

Setelah pelaksanaan salat Iduladha Pemerintah Daerah Kabupaten Tasikmalaya menyerahkan 1 (satu) ekor hewan kurban berupa sapi yang diserahkan langsung oleh Bupati Tasikmalaya kepada Dewan Kemakmuran Masjid Baiturrahman Singaparna, lalu membagikan paket sembako kepada orang-orang yang kurang mampu di lingkungan Masjid, serta bercengkrama dengan Warga Kabupaten Tasikmalaya yang sedang menikmati hidangan para pedagang di halaman Masjid yang gratis bagi para jemaah salat Iduladha. (elhida)