Rab. Jan 20th, 2021
    Alt

    gemamitra.com | Tasikmalaya

    Bagi siapapun yang memiliki kepedulian terhadap lingkungan dan kebersihan, akan terpanggil untuk melakukan aksi mulianya. Kebersihan sebagian dari iman adalah bukan sekedar jargon, apa lagi soal iklan komoditi murahan. Maka bagi orang muslim segala tempat dan diri harus terbebas dari sampah.

    Seperti itulah isi kepala dan benak Ketua Karang Taruna Kelurahan Tanjung, Angga yang selalu gelisah menatap kondisi Ciwulan, sebuah kali yang terletak di bawah kampung halamannya, yang sepanjang hari seperti tak pernah reda dijejali sampah.

    “Soal kebersihan Ciwulan ini sudah setahun lalu dibicarakan dengan H Yusran (Penyair) dan Obech Herniwan ( Republik Aer).” Ujar Angga disela obrolannya.

    “Walaupun idenya relatif sama, tapi masing-masing punya spesifikasi berbeda. H. Yusran cenderung soal edukasi masyarakat, sedang Obech memilih memberdayakan bantaran Ciwulan dengan menanam pohon aren.”

    Pada akhirnya gagasan lampau bisa dibicarakan lagi pada Senin 11 Januari 2021 di RM Kebon Kejo, Jln. Rumah Sakit, Kota Tasikmalaya. Dan rencanannya gagasan itu akan dihelat pada pertengahan Pebruari 2021, dengan hajat yang akan melibatkan Karang Taruna, para budayawan dan seniman Tasikmalaya juga para aktivis Republik Aer.

    Walaupun masih diperbincangkan tentang konsep acaranya, tapi tetap, bahwa kebersihan air Ciwulan yang paling utama. Tapi tidak berarti bahwa acara pendukungnya tidak menjadi penting. Untuk itu,  baik Angga atau Obech masih menimbang berbagai kemungkinan konsep penyajiannya, terutama soal pertunjukan kesenian yang akan melibatkan seniman Tasikmalaya juga seniman nasioanal. (Yus)***

    By gemamitra

    Portal media online gemamitra.com merupakan kepanjangan dari Majalah Gema Mitra yang ada di bawah naungan PT Gema Mitra Abatasa. Sarana informasi yang mengupas pemberitaan secara lugas, tegas dan berimbang serta menjunjung tinggi hati nurani.

    Tinggalkan Balasan

    Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *