Keindahan Puncak Pasir Ki Maung, Destinasi Wisata Lokal di Awiluar Sirnajaya

Kab. Tasikmalaya – GM | Kabupaten Tasikmalaya memiliki wisata alam eksotis di atas perbukitan. Selain bisa berswa foto, pengunjung pun di sajikan dengan background pemandangan lepas. Para wisatawan juga dapat berkemah sambil menikmati panorama keindahan alam.

Wisata alam yang tak kalah indah dari wisata lain yaitu Puncak Pasir Ki Maung yang berlokasi di kampung Awiluar Desa Sirnajaya, Kabupaten Tasikmalaya Jawa Barat.

Saat ini, Puncak pasir Ki Maung mulai ramai di kunjungi bagi para pencita alam. Selain itu juga lokasi wisata alam ini tidak sulit untuk di jangkau.

Dengan berada di ketinggian 600 mdpl, Puncak Pasir Ki Maung menghadirkan view panorama alam yang eksotis yang bisa melihat Kabupaten Ciamis, Banjar hingga Pangandaran.

Podcast
Ketua Pokdarwis Sirnajaya Heni Susilawati (kiri) Kepala Desa Sirnajaya H. Asep Supendi (tengah) dan Host Gemamitra Neng Isteri (kanan). Dok GM

Salah satu pengujung Ahmad mengatakan, udara sejuk dan pemandangan yang indah menjadi daya tarik tersendiri untuk datang ke tempat ini.

Selain bisa camping bersama keluarga, di Puncak Pasir Ki Maung juga bisa menikmati suasana alam yang segar sekaligus dianggap dapat menghilangkan rasa penat setelah menjalani aktivitas kesibukan setelah bekerja.

Sementara itu, Ketua Kelompok Sadar Desa atau Pokdarwis Sirnajaya Heni Susilawati, mengatakan, bahwa semoga dalam waktu dekat wisata yang ada di Desa Sirnajaya akan kita launcing, nantinya para wisatawan bisa mengunjungi beberapa sport, diantaranya Curug Ciung, Kiara Korsi, Paniisan, Langkoban dan satu spot terbaru yaitu Puncak Pasir ki Maung yang terletak di Dusun Awiluar.

“Di pasir kimaung ini para wisatawan nantinya bisa menikmati keindahan alam di atas ketinggian 600 mdpl, yang bisa memandang langsung diantaranya Kabupaten Ciamis Banjar hingga pangandaran,” ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, tempat wisata alam Pasir Ki Maung ini, di kelola dari hasil swadaya masyarakat kedusunan Awiluar yang saat ini sudah mulai ramai dikunjungi meskipun baru hanya wisatawan lokal saja.

Heni berharap, tempat ini, nantinya bisa lebih dikenal dan digunakan sebagai tempat wisata yang ramah lingkungan juga menjadi salah satu icon wisata yang ada di Desa Sirnajaya.

Sementara itu, Kepala Desa Sirnajaya H. Asep Supendi, mengaku bangga dan bersyukur, dengan adanya potensi alam yang sangat berlimpah dan indah yang ada di Desa Sirnajaya.

“Ini merupakan anugrah yang tak terhingga dari Allah SWT, semoga kita, khususnya masyarakat yang ada di Desa Sirnajaya bisa memanfaatkannya sebaik mungkin dengan menjaga dan merawatnya serta melestarikan beragam kebudayaan, kearifan lokal yang ada di Desa Sirnajaya,” ungkapnya. ***

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *