Gema Mitra – Kab. Tasik
Salahsatu acara yang ditunggu oleh pengunjung dan peserta pawai memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Tasikmalaya ke-387 adalah pertunjukan kesenian lais.
“Mantap!” kata Daniel PR. SH anggota Kepolisian yang ikut mengamankan kegiatan tersebut.

Dikutip dari Wikipedia, Kesenian Lais merupakan sebuah kesenian pertunjukan akrobatik dalam seutas tali sepanjang 6 meter yang dibentangkan dan dikaitkan di antara dua buah bambu dengan ketinggian 10 sampai 13 meter untuk di panjat dan melakukan aksi yang spektakuler.
Untuk diketahui, Seni Lais itu diambil dari nama seorang yang sangat ahli dalam memanjat pohon kelapa, Kang Lais.

“Sangat membanggakan bisa pentas di sini, dalam acara ini,” ujar Kang Obing, pimpinan Lais yang berasal dari Desa Sukasenang tersebut.

Tidak hanya lais yang dipertunjukkan, ada juga debus yang mana Kang Obing sendiri yang memeragakannya dengan menaiki tangga dari golok.

Dengan diiringi musik tradisional Pencak Silat dan dengan lagu shalawat, satu orang memanjat bambu yang sudah dipasang tambang, dan satu orang di bawah pemanjat. Sembari bertingkah seperti yang pemanjat lakukan di atas tambang, maka yang berada di bawah pun demikian. Semakin menghibur dengan dipakainya baju perempuan. Sangat meriah. Ratusan penonton bahagia bercampur tegang, termasuk para ASN yang turut hadir pada acara tersebut. Terlihat kebanyakan dari mereka mendokumentasikan pertunjukan tersebut melalui telepon genggamnya. (elhida)