Gema Mitra – Kota Tasik
Mengambil tempat di SDN Ciangir, Kec. Tamansari, Kota Tasikmalaya telah dilaksanakan pelantikan kepengurusan Gugus Jalari baru, Sabtu, 21/9/19. Jabatan yang dilakukan setiap 4 Tahun sekali tersebut melantik anggota dari Kelompok Kerja Guru (KKG) dan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) yang dihadiri Tokoh Masyarakat dan Anggota lama Kepengurusan Jalari yang dilantik secara simbolis dipimpin oleh H. Yoyon Zamanda, S.Pd., M.Pd selaku Ketua Gugus.

“Pelantikan ini dilaksanakan 4 Tahun sekali dimana Tamansari ada 4 Gugus, acaranya dimulai pukul 09.00 WIB. Kita tidak hanya sekedar melantik tapi juga melakukan ziarah ke patilasan Jalari/Prabu Jaya Wisesa yang sekitar 2 Km dari SD Ciangir.” Ungkap Yoyon.

Lebih lanjut dikatakan, pelantikan ini sifatnya simbolis atau sementara dalam melantik anggota-anggota baru. karena bagaimanapun juga yang berwenang melantik secara resmi adalah pihak Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya.

“Kalau saya pribadi selaku Ketua Gugus hanya melantik secara simbolis saja, karena yang mempunyai hak untuk melantik resmi adalah dari pihak Dinas Pendidikan Kota Tasikmalaya baik itu SK dan lain sebagainya pihak Disdik yang berhak” Tambah Yoyon.

Setelah dilakukannya pelantikan, seluruh guru-guru dan kepala sekolah mengunjungi patilasan Jalari/Prabu Jaya Wisesa, dalam hal ini Yoyon menekankan bahwa perlunya mendatangi patilasan tersebut demi terjaganya kearifan lokal di lingkungan kesundaan sekaligus wisata religi.

“Kita juga selain melantik melakukan kunjungan ke patilasan Jalari/Prabu Jaya Wisesa, di sini patilasannya, tetapi makamnya itu terdapat di Cirebon, karena Prabu Jaya Wisesa berkelahiran di daerah Cirebon, mengunjungi seperti ini memang perlu, walau kita berjalan kaki sejauh 2 Km kurang lebih karena kita selalu mengenal pahlawan Nasional, sementara pahlawan di daerah sendiri tidak tahu, dan juga ini termasuk Family Gathering, Refreshing, mempererat tali silaturahmi antar sesama profesi dan kekeluargaan.” Tekan Yoyon.

Yoyon Berharap agar KKG dan KKS lebih semangat, aktif dalam menjalankan tugas, salahsatu hambatan dalam kegiatan di sela-sela KBM dan tugas adalah masalah waktu. “Saya berharap agar KKG dan KKS Tamansari lebih semangat lagi, lebih aktif lagi dalam menjalankan tugasnya, juga yang salahsatu hambatan dalam berkegiatan kamu di sela-sela KBM dan Tugas adalah waktu, jadi kita berusaha untuk ketika kumpul harus di luar KBM agar segala konsep matang dan bisa terealisasikan apapun konsep yang dibuat tersebut.” Pungkas Yoyon saat diwawancarai. (M. Rizky Arbianto)