Gema Mitra – Kab. Tasikmalaya
Bertempat di lapangan Desa Banjarsari, Sukaresik, Bupati Bupati Tasikmalaya H. Ade Sugianto, S.IP menghadiri dan membuka kegiatan Operasi Pasar Murah (OPM) Kebutuhan Pokok Tahun 2019, Kamis (23/05/2019).

Dalam kegiatan Operasi Pasar Murah bersubsidi kali ini, sebanyak 12 ribu paket untuk Rumah Tangga Miskin (RTM) yang bersumber dari Bantuan Provinsi (Banprov) Jawa Barat disalurkan kepada  masyarakat berupa barang kebutuhan pokok dengan harga murah yang terdiri dari beras 5 kilogram, minyak goreng 3 liter, dan gula pasir sebanyak 3 kilogram.

Bupati dalam sambutan tertulis mengatakan untuk mengatasi fluktuasi kenaikan harga kebutuhan pokok di bulan Ramadhan dan menjelang Idul Fitri, Pemerintah konsisten menyelenggarakan Operasi Pasar Murah untuk mengatasi hal tersebut. Jadi tujuan dari operasi pasar murah atau OPM ini adalah untuk menekan dan mengendalikan fluktuasi harga sembako yang biasanya naik saat ramadan dan jelang lebaran. Kemudian agar masyarakat kecil atau ekonomi lemah mampu menjangkau membeli kebutuhan sembako seperti beras, minyak kelapa, gula atau gas dan lainnya bisa terjangkau setengah harga.

“Meski demikian, walaupun saat ini harga sembako masih stabil, hanya bumbu yang memang agak naik, seperti bawang putih dan lainnya,” kata Ade, kepada wartawan saat membuka launching OPM di Lapangan Desa Banjarsari, Kecamatan Sukaresik.

Lebih lanjut dikatakan, pemerintah berupaya menyediakan bahan-bahan kebutuhan sembako yang sehari-hari sangat dibutuhkan masyarakat. “Hal itu dikarenakan, banyak masyarakat kecil yang kurang beruntung dibandingkan kita sekalian, untuk memenuhi kebutuhan sehari-harinya. Maka harus dibantu lewat OPM ini,” ujar Ade

Ade menjelaskan, adapun penentuan lokasi digelarnya OPM di Kecamatan Sukaresik ini, karena memang menjadi salah satu kecamatan yang banyak masyarakatnya mengidap stunting atau kekurangan atau gizi buruk.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Tasikmalaya, Heri Sogiri menambahkan paket OPM yang dibagikan dalam launching kepada masyarakat Kecamatan Sukaresik, ada sekitar 12 ribu paket untuk rumah tangga miskin (RTM). Kegiatan ini rutin dilaksanakan setiap tahun oleh pemerintah Kabupaten Tasikmalaya yang anggaran nya sendiri dari bantuan provinsi (banrov) untuk pengadaan paket sembako murah di Kecamatan Sukaresik ini.

“Untuk launching di acara OPM ini, kita kerja sama dengan dolog agar menyiapkan pemenuhan sembako murah yang diberikan ke kecamatan dan desa-desa. Jadi sebenarnya ini serentak dilaksanakan, cuma tahun ini berpusat di wilayah Tasik utara,” pungkas Heri. (Kesit)***